PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE COPY THE MASTER DENGAN BANTUAN VCD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII-A SMPS 1 ANTAM, POMALAA, KOLAKA, SULAWESI TENGGARA TAHUN AJARAN 2011/2012


Eva Kristian Andriani, 2101406504 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE COPY THE MASTER DENGAN BANTUAN VCD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII-A SMPS 1 ANTAM, POMALAA, KOLAKA, SULAWESI TENGGARA TAHUN AJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE COPY THE MASTER DENGAN BANTUAN VCD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII-A SMPS 1 ANTAM, POMALAA, KOLAKA, SULAWESI TENGGARA TAHUN AJARAN 2011/2012]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE COPY THE MASTER DENGAN BANTUAN VCD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII-A SMPS 1 ANTAM, POMALAA, KOLAKA, SULAWESI TENGGARA TAHUN AJARAN 2011/2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi siswa SMPS 1 ANTAM, Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara masih belum memperoleh hasil maksimal. Hal ini disebabkan karena siswa kesulitan dalam berimajinasi dalam menulis puisi. Selain itu, guru selalu menggunakan metode ceramah dan hanya memberikan materi yang bersifat teori sehingga tidak mampu merangsang siswa untuk berfikir kreatif dan imajinatif. Salah satu alternatif untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut yaitu dengan menggunakan metode copy the master, metode ini mempermudah siswa dalam menulis puisi. Penggunaan metode copy the master didukung dengan tayangan VCD berbasis pendidikan karakter sehingga dapat mempermudah siswa dalam mengembangkan imajinasi dan mengungkapkan perasaannya dalam menulis puisi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII-A SMPS 1 ANTAM, Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara melalui metode copy the master dengan bantuan VCD berbasis pendidikan karakter dalam pembelajaran menulis puisi, (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII-A SMPS 1 ANTAM, Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara dalam pembelajaran menulis puisi melalui metode copy the master dengan bantuan VCD berbasis pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis puisi siswa setelah diterapkannya pembelajaran menulis puisi malalui metode copy the master dengan bantuan VCD berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas VIII-A SMPS 1 ANTAM, Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara. (2) mendeskripsi perubahan perilaku belajar siswa kelas VIII-A SMPS 1 ANTAM, Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara dalam pembelajaran menulis puisi melalui metode copy the master dengan bantuan VCD berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII-A SMPS 1 ANTAM, Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara yang berjumlah 25 siswa. Variabelnya yaitu keterampilan menulis puisi dan metode copy the master dengan bantuan VCD berbasis pendidikan karakter. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan nontes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data tes dilakukan dengan analisis kuantitatif dan analisis data nontes dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian cukup memuaskan. Secara umum dapat dikatakan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran menulis puisi. Hasil tes siklus I menunjukkan skor rata-rata kelas sebesar 63,83 atau termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II diperoleh rata-rata kelas sebasar 81 atau termasuk dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,17 atau sebesar 21,20%. Peningkatan tes ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari negatif ke positif. Siswa lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi. Situasi kelas pun lebih kondusif sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode copy the master dengan bantuan VCD berbasis pendidikan karakter dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa dan mengubah perilaku siswa ke arah positif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru agar pembelajaran menggunakan metode copy the master dengan bantuan VCD berbasis pendidikan karakter dapat dijadikan alternatif pembelajaran menulis puisi. Jika guru lebih memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi dan siswa lebih terlihat aktif dalam proses pembelajaran, maka penggunaan metode copy the master dengan bantuan VCD berbasis pendidikan karakter akan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis puisi, metode copy the master, VCD berbasis pendidikan karakter.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:03
Last Modified: 07 May 2014 13:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19416

Actions (login required)

View Item View Item