PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN DENGAN TEKNIK RESEPTIF PRODUKTIF DAN MEDIA PAMFLET PADA SISWA KELAS VII A MTs AL MA’ARIF RAKIT BANJARNEGARA
Sulasi Khayatun Mufidah, 2101406025 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN DENGAN TEKNIK RESEPTIF PRODUKTIF DAN MEDIA PAMFLET PADA SISWA KELAS VII A MTs AL MA’ARIF RAKIT BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN DENGAN TEKNIK RESEPTIF PRODUKTIF DAN MEDIA PAMFLET PADA SISWA KELAS VII A MTs AL MA’ARIF RAKIT BANJARNEGARA)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bahasa dalam dunia pendidikan merupakan aspek penting yang menjadi sasaran pembelajaran, baik di tingkat SD, SLTP, SLTA, maupun perguruan tinggi. Berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar keterampilan menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar perlu dimiliki oleh setiap siswa. Untuk mencapai kompetensi tersebut siswa harus mencapai beberapa indikator, yaitu (1) mampu menentukan pokok-pokok pengumuman, (2) mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif. Hasil observasi dan pada siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Rakit ditemukan kesulitan-kesulitan dalam menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar. Kesulitan itu antara lain siswa belum mampu mengemas ide dan menuangkannya ke dalam bentuk teks pengumuman yang mudah dimengerti pembaca. Berkaitan dengan masalah tersebut, tujuan penelitian ini sebagai berikut (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks pengumuman Kelas VII-A MTs Al Ma'arif Rakit Banjarnegara setelah mendapat pemelajaran dengan teknik reseptif produktif dan media pamflet, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks pengumuman Kelas VII-A MTs Al Ma'arif Rakit Banjarnegara setelah mendapat pemelajaran dengan teknik reseptif produktif dan media pamflet, (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII-A MTs Al Ma'arif Rakit setelah mengikuti pemelajaran menulis teks pengumuman dengan teknik reseptif produktif dan media pamflet. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I merupakan tindakan awal dalam penelitian keterampilan menulis teks pengumuman dengan teknik reseptif produtif dan media pamflet, sedangkan siklus II bertujuan untuk memperbaiki hasil dari siklus I. Setiap siklus berupa perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data nontes berupa jurnal guru, jurnal siswa, wawancara, lembar observasi serta dokumentasi foto. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks pengumuman dengan teknik reseptif produktif dan media pamflet siswa kelas VII-A MTs Al Ma'arif Rakit. Berdasarkan data tes yang diperoleh pada siklus I, skor rata-rata siswa secara klasikal adalah 66,47 termasuk dalam kategori cukup. Perolehan skor rata-rata tiap aspek menulis teks pengumuman antara lain: keefektifan kalimat 74,09 dalam kategori baik, penggunaan ejaan 44,09 dalam kategori kurang, kelengkapan struktur teks pengumuman 68,18 dalam kategori cukup dan tampilan tulisan 79,55 dalam kategori baik. Kekurangan terjadi pada siklus I dikarenakan siswa belum dapat menggunakan tanda baca, penggunaan huruf kapital, penulisan kata secara iii iii baik, belum maksimalnya struktur teks pengumuman seperti kop surat, terdapat kata pengumuman, nomor pengumuman, ada alamat yang dituju, isi, tempat dan tanggal pembuatan, nama dan tanda tangan penanggungjawab. Berdasarkan data tes yang diperoleh pada siklus II, skor rata-rata siswa secara klasikal meningkat dari 66,47 pada siklus I dengan kategori cukup menjadi 75,23 pada siklus II dengan kategori baik. Dari pencapaian nilai rata-rata kelas siklus I dan siklus II ini diperoleh peningkatan sebesar 8,76 atau 13,18% dari hasil rata-rata siklus I. Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar siswa sudah menunjukkan perilaku positif yang mendukung pembelajaran. Siswa yang semula kurang berminat menjadi berminat dan lebih serius dan bersungguh-sungguh mengikuti pembelajaran menulis teks pengumuman dengan teknik reseptif produktif dan media pamflet. Mereka lebih termotivasi mengikuti pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil tes menulis teks pengumuman menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil tes dan nontes siswa dalam pembelajaran menulis teks pengumuman menunjukkan bahwa siswa tertarik dengan pembelajaran menulis teks pengumuman. Penggunaan teknik reseptif produktif dan media pamflet memudahkan siswa untuk menulis teks pengumuman, dan pembelajaran seperti ini merupakan pengalaman pertama bagi siswa dalam menulis teks pengumuman. Pembelajaran yang menyenangkan membuat siswa lebih mudah menerima pembelajaran karena siswa tidak merasa tertekan dengan pelajaran. Setelah penelitian dilaksanakan, peneliti memberikan saran sebagai berikut (1) bagi guru hendaknya menggunakan teknik reseptif produktif dan media pamflet dalam pembelajaran. Pembelajaran menulis teks pengumuman dengan teknik reseptif produktif dan media pamflet telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks pengumuman., (2) Bagi siswa, hendaknya lebih memperhatikan penjelasan yang diberikan guru, serius dalam belajar, dan selalu bertanya ketika menemui kesulitan dalam pembelajaran, (3) bagi praktisi di bidang pendidikan, peneliti berharap adanya penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis teks pengumuman dengan model, pendekatan, teknik, dan media berdasarkan pendekatan tertentu yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis teks pengumuman, Reseptif Produktif, Media Pamflet |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 22801 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 13:05 |
Last Modified: | 07 May 2014 13:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19413 |
Actions (login required)
View Item |