PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU PELURU KAYU BERWARNA PADA SISWA KELAS VII SMP N 11 MAGELANG TAHUN 2013

Ariana Eka Puja Rahayu, 6101409036 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU PELURU KAYU BERWARNA PADA SISWA KELAS VII SMP N 11 MAGELANG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU PELURU KAYU BERWARNA PADA SISWA KELAS VII SMP N 11 MAGELANG TAHUN 2013)
Download (3475Kb)

    Abstract

    Tolak peluru adalah salah satu nomor dari cabang olahraga atletik yang diajarkan pada siswa kelas VII, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah model pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks dalam penjasorkes dengan menggunakan peluru kayu berwarna pada siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Magelang?”. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks melalui modifikasi alat bantu peluru kayu berwarna pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Magelang dalam pembelajaran penjasorkes sehingga dapat mengembangkan berbagai aspek pembelajaran dan meningkatkan aktifitas jasmani siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, evaluasi ahli dan revisi, uji coba skala kecil dan revisi, uji coba skala besar, dan produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 87,96% dengan kriteria baik. Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba skala kecil. Data hasil kuesioner dan pengamatan siswa pada uji coba skala kecil diperoleh jawaban dengan persentase 70,76% dengan kategori baik. Dan data hasil kuesioner dan pengamatan siswa uji coba skala besar diperoleh jawaban dengan persentase 80,3% dengan kategori baik. Siswa sudah tidak merasa kesulitan dan takut lagi ketika mengikuti pembelajaran tolak peluru kayu berwarna. Selain itu setelah melakukan pembelajaran tolak peluru kayu berwarna denyut nadi siswa meningkat. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran tolak peluru kayu berwarna efektif dan layak digunakan untuk siswa kelas VII SMP.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Tolak Peluru, Model Pembelajaran Tolak Peluru Kayu Berwarna, Pengembangan
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: suparma perpus unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 09:06
    Last Modified: 07 May 2014 09:06

    Actions (login required)

    View Item