Hubungan antara Kekuatan Tangan,Panjang Lengan, dan Tinggi Badan dengan Ketepatan Pukulan Smash Penuhpada Mahasiswa IKK Bulutangkis FIK UNNES Tahun 2008.

Bagus Putra Wihanansa, 6301404080 (2009) Hubungan antara Kekuatan Tangan,Panjang Lengan, dan Tinggi Badan dengan Ketepatan Pukulan Smash Penuhpada Mahasiswa IKK Bulutangkis FIK UNNES Tahun 2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Hubungan antara Kekuatan Tangan, Panjang Lengan, dan Tinggi Badan dengan Ketepatan Pukulan Smash Penuh pada Mahasiswa IKK Bulutangkis FIK UNNES Tahun 2008.) - Published Version
Download (1265Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah ada hubungan antara kekuatan tangan dengan ketepatan pukulan smash penuh?, 2) Apakah ada hubungan antara Panjang 1engan dengan ketepatan pukulan smash penuh?, 3) Apakah ada huhungan antara tinggi badan dengan ketepatan pukulan smash penuh?, dan 4) Apakah ada hubungan antara kekuatan tangan, panjang lengan, dan tinggi badan dengan ketepatan pukulan smash penuh?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hubungan antara kekuatan tangan dengan ketepatan pukulan smash penuh, 2) Hubungan antara panjang 1engan dengan ketepatan pukulan smash penuh, 3) hubungan antara tinggi badan dengan ketepatan pukulan smash penuh, dan 4) Hubungan antara kekuatan tangan ,panjang lengan, dan tinggi badan dengan ketepatan pukulan smash penuh. Metode penelitian ini menggunakan survei tes, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa putra UNNES yang mengikuti IKK Bulutangkis sebanyak 37 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kekuatan tangan, panjang lengan dan tinggi badan, sedangkan variabel terikatnya adalah ketepatan pukulan smash penuh. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik survei dengan teknik tes dan pengukuran. Analisis data penelitian menggunakan teknik regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada hubungan antara kekuatan tangan dengan ketepatan pukulan smash penuh sebesar 0,560 > rtabel = 0,325, berarti ada hubungan yang signifikan antara kekuatan tangan dengan ketepatan pukulan smash penuh, 2) Ada hubungan antara panjang lengan dengan ketepatan pukulan smash penuh sebesar 0,529 > rtabel = 0,325, berarti ada hubungan yang signifikan antara panjang lengan dengan ketepatan pukulan smash penuh, 3) Ada hubungan antara tinggi badan dengan ketepatan pukulan smash penuh sebesar 0,477 > rtabel = 0,325, berarti ada hubungan yang signifikan antara tinggi badan dengan ketepatan pukulan smash penuh, dan 4) Ada hubungan antara i ganda antara kekuatan tangan, panjang lengan, dan tinggi badan dengan ketepatan pukulan smash penuh sebesar 0,682. Uji keberartian koefisien korelasi ganda dengan analisis varians diperoleh Fhitung = 9,566 > Ftabel = 3,89, berarti ada hubungan yang signifikan antara kekuatan tangan, panjang lengan, dan tinggi badan dengan ketepatan pukulan smash penuh. Saran dari hasil penelitian ini adalah : 1) Bagi dosen IKK bulutangkis UNNES hendaknya latihan yang di berikan memperhatikan peningkatan kondisi fisik berupa kekuatan otot dan pemanfaatan lengan yang panjang serta postur tubuh yang tinggi sehingga pelatihan yang dilakukan dapat berhasil guna dan berdaya guna, dan 2) Bagi dosen IKK bulutangkis hendaknya dalam memilih mahasiswa memperhatikan panjang lengan dan tinggi badan agar pola pembinaan dan proses pelatihan IKK yang dilakukan dapat berhasil guna dan berdaya guna.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 24 Mar 2011 02:36
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:55

    Actions (login required)

    View Item