SURVEY POLA PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEKOLAH DI SMP NEGERI SE- KECAMATAN SEMARANG TIMUR KOTA SEMARANG


Ginanjar Yugo Kurniawan, 6101409026 (2013) SURVEY POLA PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEKOLAH DI SMP NEGERI SE- KECAMATAN SEMARANG TIMUR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEY POLA PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEKOLAH DI SMP NEGERI SE- KECAMATAN SEMARANG TIMUR KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (SURVEY POLA PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEKOLAH DI SMP NEGERI SE- KECAMATAN SEMARANG TIMUR KOTA SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peneliti melihat SMP Negeri di Kecamatan Semarang Timur belum ada yang dapat meraih prestasi di POPDA. Fokus permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pola pembinaan ekstrakurikuler olahraga sekolah di SMP Negeri se- Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah agar dapat mengetahui pola pembinaan ekstrakurikuler olahraga sekolah di SMP Negeri se- Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pendekatan analisis deskriptif persentase, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, angket/ kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam wawancara dari penelitian ini adalah kepala sekolah, kesiswaan bidang non akademik, dan pengampu ekstrakurikuler di SMP Negeri se- Kecamatan Semarang Timur sedangkan responden pengisian angket/ kuesioner adalah semua siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri se- Kecamatan Semarang timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : organisasi ekstrakurikuler SMP Negeri se- Kecamatan Semarang Timur merupakan tanggung jawab kesiswaan bidang non akademik yang berkoordinasi dengan guru penjas perihal pengampu ekstrakurikuler; Pembinaan ekstrakurikuler olahraga diserahkan kepada masing – masing pengampu ekstrakurikuler, pihak sekolah hanya mengatur jadwal, menyediakan sarana prasarana, dan menerima program latihan dari masing – masing pengampu ekstrakurikuler; Sekolah sebagian besar menggunakan dana BOS untuk mendukung kepentingan ekstrakurikuler. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa, Pola pembinaan yang dilakukan oleh pihak sekolah di SMP Negeri se- Kecamatan Semarang Timur untuk ekstrakurikuler olahraga sudah cukup baik. Beberapa faktor yang membuat pembinaan menjadi kurang optimal adalah letak lapangan kurang tepat, luas lapangan tidak sesuai, motivasi siswa yang tidak stabil, dan dukungan pihak sekolah yang belum benar – benar penuh untuk pembinaan ekstrakurikuler. Saran peneliti adalah akan lebih baik jika pihak sekolah setidaknya mengetahui latar belakang pengampu ekstrakurikuler tersebut, pola latihan yang lebih variatif, penghargaan bagi siswa berprestasi, optimalisasi fasilitas ektrakurikuler melalui upaya pengajuan sponsor ke pihak luar, serta pihak sekolah harus lebih percaya diri dan mau berusaha untuk mencapai target prestasi dalam ekstrakurikuler olahraga yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:10
Last Modified: 07 May 2014 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19399

Actions (login required)

View Item View Item