PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS III SDN SALAMAN MLOYO KOTA SEMARANG

Ali Mutho’i, 1401409366 (2013) PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS III SDN SALAMAN MLOYO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS III SDN SALAMAN MLOYO KOTA SEMARANG)
Download (2969Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil refleksi awal peneliti dengan tim kolaborasi guru kelas III yang dilaksanakan pada masa PPL yaitu pada bulan Juli sampai bulan Oktober 2012, kelas III SDN Salaman Mloyo menunjukkan adanya permasalahan yang menyebabkan rendahnya kualitas pembelajaran IPS. Hal ini dikarenakan guru masih menerapkan pola pembelajaran yang kurang inovatif, sehingga kurang adanya variasi dalam pembelajaran, rendahnya minat dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS, siswa merasa bosan dan jenuh dengan pembelajaran IPS yang dilaksanakan oleh guru, penggunaan media pembelajaran kurang inovatif dan efektif.Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang sangat rendah dan belum mencapai KKM yaitu 67. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan dilaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dengan media audiovisualdalam pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dan media audiovisualdapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas III SDN Salaman MloyoKota Semarang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada kelas III SDN Salaman Mloyo Kota Semarang Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan 23siswa kelas III SDN Salaman Mloyo Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data dengan cara analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru pada siklus I memperoleh Skor rata-rata33,5, atau persentase ketuntasannya mencapai 76,13 %, meningkat menjadi 38,5 atau persentase ketuntasannya mencapai 87,5 %pada pelaksanaan tindakan siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I persentase ketuntasannya mencapai 63,4 % dengan skor rata-rata 25,4, pada siklus II meningkat 6,6 % menjadi 70% atau skor rata-ratanya menjadi 27,6. Ketuntasan klasikal siswa pada tahap prasiklus 39 % meningkat menjadi 57 % pada siklus I dan menjadi 91 % pada siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tahap prasiklus adalah 67,65 meningkat menjadi 75,52 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,27. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pendekatan sains teknologi masyarakat dan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan adalah pendekatan sains teknologi masyarakat dan media audiovisual dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, Media audiovisual
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: sriningwismi perpus unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 09:10
    Last Modified: 07 May 2014 09:10

    Actions (login required)

    View Item