PENGEMBANGAN MEDIA KAYU JATI BEREKOR DALAMPEMBELAJARAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA KELAS VIIIDI SMPNEGERI 1 SALE KECAMATAN SALEKABUPATEN REMBANG TAHUN 2012/2013


RACHMA MAHANANI PUSPITA SARI, 6101409023 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA KAYU JATI BEREKOR DALAMPEMBELAJARAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA KELAS VIIIDI SMPNEGERI 1 SALE KECAMATAN SALEKABUPATEN REMBANG TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KAYU JATI BEREKOR DALAMPEMBELAJARAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA KELAS VIIIDI SMPNEGERI 1 SALE KECAMATAN SALEKABUPATEN REMBANG TAHUN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KAYU JATI BEREKOR DALAMPEMBELAJARAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA KELAS VIIIDI SMPNEGERI 1 SALE KECAMATAN SALEKABUPATEN REMBANG TAHUN 2012/2013)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Latar belakang masalah penelitian ini dengan adanya bentuk lembing yang sebenarnya memiliki resiko yang besar jika digunakan dalam pembelajaran lempar lembing di sekolahan SMP Negeri 1 Sale dengan kondisi lapangan yang mini sehingga disini peneliti membuat media kayu jati berekor sebagai pengganti lembing dalam pembelajaran lempar lembing dengan memanfaatkan hasil alam yang ada disekitar sekolahan yaitu berupa kayu jati. Berdasarkan latar belakang dan pembahasan diatas maka rumusan masalah yang diteliti adalah “bagaimanamodel pengembangan media kayu jati berekor dalam pembelajaran lempar lembing pada siswa kelas VIII di SMP negeri 1 Sale?”. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan satuahli Penjas dansatuahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pengembangan media kayu jati berekor dalam pembelajaran lempar lembing dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi satu ahli Penjas danpembelajaran, uji coba kelompok kecil (12 siswa), dan uji lapangan (30 siswa).Data berupahasilpenilaianmengenaikualitasproduk, saran untukperbaikanproduk, danhasilpengisiankuesionerolehsiswa.Teknikanalisis data yang digunakanadalahdeskriptifpersentaseuntukmengungkapaspekpsikomotorik, kognitifdanafektifsiswasetelahmenggunakanproduk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 93% (sangat baik), ahli pembelajaran 96% (sangat baik), uji coba kelompok kecil 77% (baik), dan uji lapangan 85% (sangatbaik). Dari data yang ada maka dapatdisimpulkanbahwamodel pengembangan media kayu jati berekor dapat dipakai dalam pembelajaran lempar lembing pada siswa SMP N 1 Sale Kabupaten Rembang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama untuk menggunakan produk model pengembangan media kayu jati berekor dalam pembelajaran lempar lembing ini pada siswa SMP dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media kayu jati berekor.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:10
Last Modified: 07 May 2014 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19397

Actions (login required)

View Item View Item