PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINKTALK- WRITE DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IVC SD ISLAM HIDAYATULLAH


Azizah Eka Safitri, 1401409361 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINKTALK- WRITE DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IVC SD ISLAM HIDAYATULLAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINKTALK- WRITE DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IVC SD ISLAM HIDAYATULLAH]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINKTALK- WRITE DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IVC SD ISLAM HIDAYATULLAH)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Islam Hidayatullah Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran. Guru belum menggunakan media, guru lebih sering ceramah, pembelajaran berpusat pada guru. Pada pembelajaran menulis karangan narasi, siswa mengalami kesulitan memulai menulis karangan narasi, imajinasi siswa kurang, dan sering tejadi kesalahan penggunaan ejaan, tanda baca, serta huruf kapital. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu, digunakan model Think-Talk-Write dengan media video dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah model Think-Talk-Write dengan media video dapat meningkatkan keterampilan guru kelas IVC SD Islam Hidayatullah dalam pembelajaran menulis karangan narasi?; (2) Apakah model Think-Talk-Write dengan media video dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IVC SD Islam Hidayatullah dalam pembelajaran menulis karangan narasi?; (3) Apakah model Think-Talk-Write dengan media video dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IVC SD Islam Hidayatullah? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui model Think-Talk-Write dengan media Video. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus masing-masing siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVC SD Islam Hidayatullah Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes yang terdiri atas observasi, angket, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I, keterampilan guru memperoleh skor 25 (kategori cukup), pertemuan II memperoleh skor 31 (kategori cukup), sedangkan pada siklus II pertemuan I, skor yang diperoleh yaitu 39 (kategori baik), dan pada pertemuan II skor yang diperoleh 44 (kategori sangat baik). Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa. Pada siklus I pertemuan I, aktivitas siswa mendapat ratarata skor 31,2 (kategori baik), pertemuan II memperoleh rata-rata skor 32,5(kategori baik). Sedangkan pada siklus II pertemuan I, rata-rata skor yang diperoleh yaitu 34,9(kategori baik), sedangkan pada pertemuan II menjadi 36,7(kategori baik). Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 48%, pada pertemuan II sebesar 55%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I sebesar 69% dan meningkat pada pertemuan II menjadi 83%. Simpulan penelitian ini adalah model Think-Talk-Write dengan media video dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar berupa keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IVC SD Islam Hidayatullah. Guru diharapkan melaksanakan pembelajaran menulis karangan narasi melalui model pembelajaran yang inovatif misalnya model Think-Talk-Write dengan media video. Siswa diharapkan agar lebih aktif dalam pembelajaran menulis karangan narasi ix melalui model Think-Talk-Write dengan media video. Siswa diharapkan untuk lebih giat berlatih sehingga keterampilan menulis karangan narasi lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, karangan narasi, Think-Talk-Write, video, SD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:10
Last Modified: 07 May 2014 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19393

Actions (login required)

View Item View Item