SURVEI PROSES PELAKSANAAN EVALUASI PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN OLEH GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013


Danang Aji Setyawan, 6101408279 (2013) SURVEI PROSES PELAKSANAAN EVALUASI PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN OLEH GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI PROSES PELAKSANAAN EVALUASI PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN OLEH GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (SURVEI PROSES PELAKSANAAN EVALUASI PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN OLEH GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Evaluasi memegang peranan penting dalam pendidikan, yaitu untuk mengontrol kemajuan siswa, oleh karena itu pelaksanaan evaluasi harus dilaksanakan secara maksimal. Hasil observasi awal menunjukan bahwa pelaksanaan evaluasi di beberapa sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Karanganyar belum dilaksanakan secara maksimal. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian bagaimanakah proses pelaksanaan evaluasi Penjasorkes di SMP Negeri se-Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan evaluasi yang dilakukan guru Penjasorkes di SMP Negeri se-Kecamatan Karanganyar pada tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, dimana penulis mengambil semua populasi untuk dijadikan sample. Sampel dalam penelitian ini adalah guru Penjasorkes di SMP Negeri 1 Karanganyar, SMP Negeri 2 Karanganyar dan SMP Negeri 3 Karanganyar sebanyak 8 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik survei dengan menggunakan angket atau kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif presentase. Dari hasil penelitian secara keseluruhan diperoleh hasil bahwa pelaksanaan evaluasi penjasorkes di SMP Negeri se-Kecamatan Karanganyar sudah dilaksanakan dengan sangat baik dengan presente sesebesar 83,65%. Dan hasil penelitian berdasarkan pelaksanaan evaluasi di masing-masing sekolah diperoleh hasilyaitu SMP Negeri 1 Karanganyar sudah melaksanakan evaluasi dengan sangat baik, yaitu dengan presentase 82,75%, SMP Negeri 2 Karanganyar melaksanakan evaluasi dengan sangat baik dengan presentase 85,08% dan SMP Negeri 3 Karanganyar melaksanakan evaluasi dengan sangat baik dengan presentese sebesar 83,72%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri se-KecamatanKaranganyar sudah terlaksana dengan sangat baik. Saran yang dianjurkan peneliti adalah (1) Guru adalah sebagai evaluator, hendaknya mempertahankan dan meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan evaluasi penjasorkes. (2) Guru harus meningkatkan kreatifitas dalam mengajar. (3) Pihak sekolah haruslebihberperan aktif dalam memperhatikan proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran, mengontrol setiap hasil evaluasi, dan juga lebih berpartisipasi dalam peningkatan kompetensi guru Penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:12
Last Modified: 07 May 2014 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19391

Actions (login required)

View Item View Item