MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HANDSTAND DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 PRINGAPUS TAHUN AJARAN 2012/2013
INDRIANTO ARIF RAMADHANA, 6101408272 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HANDSTAND DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 PRINGAPUS TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HANDSTAND DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 PRINGAPUS TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Handstand merupakan salah satu materi senam lantai yang diajarkan di sekolah Menengah Kejuruan. Akan tetapi, kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal dikarenakan siswa kurang jelas dalam menerima materi dari guru, dan merasa contoh gerakan yang diberikan terlalu cepat sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi. Hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar siswa, maka perlu adanya media alat bantu pembelajaran sebagai sarana penunjang belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran handstand menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar handstand siswa kelas XI Multimedia I SMK Negeri 1 Pringapus Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2012/2013?”.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar handstand siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan dilapangan yang dilakukan oleh evaluator dan kuesioner siswa. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan rumus yang ada oleh evaluasi kolabolator yaitu guru penjas bersama peneliti. Data dari pengamatan psikomotor diperoleh hasil pada siklus I rata-rata mencapai 66% (kurang baik) dan mengalami kenaikan pada siklus II mencapai 75% (cukup baik), hasil dari kedua siklus tersebut kemudian dianalisis dengan rumus Hake’s Normalized Gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,2 dengan kriteria rendah. Data hasil pengamatan afektif pada siklus I mencapai 77%(cukup baik) pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 84% (baik), setelah dianalisis dengan rumus Hake’s Normalized Gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,3 dengan kriteria sedang. Dari hasil pemahaman siswa (kognitif) pada siklus I mencapai 79% (kualifikasi cukup) pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 87%% ( baik), setelah dianalisis dengan rumus Hake’s Normalized Gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,3 dengan kriteria sedang. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar handstand siswa. Oleh karena itu diharapkan bagi guru penjasorkes di SMK Negeri 1 Pringapus dapat menggunakan media audio visual dalam pembelajaran handstand. Pembelajaran dengan mengunakan media audio visual juga dapat dijadikan alternatif sistem pengajaran agar suasana pembelajaran selalu menyenangkan sesuai tujuan dalam pembelajaran PAIKEM.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Handstand, Media Pembelajaran, Hasil Belajar. |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 22790 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 13:12 |
Last Modified: | 07 May 2014 13:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19390 |
Actions (login required)
View Item |