PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LEMPAR LEMBING MENGGUNAKAN MEDIA ROKET PADA SISWA KELAS IX SMP N 2 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013


LEO RIZKY, 6101408271 (2013) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LEMPAR LEMBING MENGGUNAKAN MEDIA ROKET PADA SISWA KELAS IX SMP N 2 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LEMPAR LEMBING MENGGUNAKAN MEDIA ROKET PADA SISWA KELAS IX SMP N 2 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LEMPAR LEMBING MENGGUNAKAN MEDIA ROKET PADA SISWA KELAS IX SMP N 2 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (9MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan kurang berkembangnya proses pembelajaran penjasorkes di sekolah antara lain, terbatasnya sarana dan prasarana pembelajaran yang tersedia di sekolah, kekurangan dana untuk menyelenggarakan program yang akan menghasilkan perubahan bermakna, hasil belajar yang diharapkan. Permasalahan tersebut semakin mendalam dan berpengaruh secara signifikan terhadap proses pembelajaran penjasorkes, dari permasalahan diatas dapat ditarik rumusan masalah : bagaimana mengembangkan pembelajaran penjasorkes menggunakan media roket pada pembelajaran lempar lembing siswa kelas IX SMP N 2 Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah menghasilan media pembelajaran roket pada kelas IX SMP N 2 Pemalang dalam meningkatkan pembelajaran penjasorkes. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Suharsimi Arikunto. (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan dari hasil observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjas SMP, serta uji coba skala kecil (10 siswa), menggunakan angket kuesioner kemudian dianalisis, (4) revisi produk awal, (5) uji coba skala besar (32 siswa), (6) revisi produk akhir setelah melakukan uji coba lapangan skala besar, (7) hasil akhir media roket bagi siswa SMP kelas IX F yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan skala besar. Instrumen yang digunakan adalah angket kuesioner. Teknik analisis data adalah deskriptif persentase. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil penilaian dari para ahli yaitu, ahli Penjas 92% (sangat baik) dan ahli pembelajaran 98% (sangat baik), dari uji coba skala luas didapat hasil kuesioner rata-rata persentase pilihan jawaban sebesar 90 % (sangat baik). Hasil belajar kognitif siswa sebesar ≥ 88%. Dari data yang ada dapat dikatakan bahwa media pengembangan roket ini efektif untuk siswa kelas IX F SMP N 2 Pemalang. Saran: 1) media roket ini dapat menjadi alternatif penyampaian materi, 2) media roket dapat digunakan untuk mencapai tujuan penjasorkes, 3) penggunaan media ini harus memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan siswa terutama bagi siswa yang bermain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan pembelajaran, lempar lembing, media roket.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:12
Last Modified: 07 May 2014 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19389

Actions (login required)

View Item View Item