Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pati
Tulis Fitri Rahayu Ningtyas, 7101408158 (2013) Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pati)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan tolok ukur maksimal yang telah dicapai siswa setelah melakukan proses pembelajaran selama waktu yang telah ditentukan. Diduga hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kompetensi guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar. Guru merupakan salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar, sedangkan fasilitas belajar merupakan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah untuk memperlancar proses pembelajaran. Akan tetapi kenyataannya masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM yaitu 78. Perumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh kompetensi guru dalam proses belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa? (2) Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa? (3) Adakah pengaruh kompetensi guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa? Tujuan penelitian ini untuk membuktikan: (1) Pengaruh kompetensi guru dalam proses belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) Pengaruh kompetensi guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran SMK N 1 Pati berjumlah 73 siswa. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari jumlah populasi (sampel jenuh). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS release 16. Hasil penilitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y= 59.306 + 0,084X1 + 0,222X2+e. Uji F diperoleh Fhitung = 4,845, sehingga H3 diterima. Secara parsial (uji t) variabel Kompetensi guru dalam proses belajar mengajar (X1) diperoleh thitung = 2,131, sehungga H1 diterima. Variabel Fasilitas belajar (X2) diperoleh thitung = 2,179, sehingga H2 diterima. Secara simultan (R2) kompetensi guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 9,6%. Simpulan penelitian ini adalah kompetensi guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah diharapkan guru lebih bijaksana dalam mengambil keputusan,membimbing siswa saat proses pembelajaran, serta lebih bervariasi dalam metode mengajar sehingga tidak monoton. Kepada pihak sekolah disarankan memperbaiki ventilasi dalam ruang belajar serta memperhatikan kelengkapan peralatan belajar untuk menunjang kegiatan belajar siswa. Bagi peneliti lanjut disarankan untuk menambah variabel lain yang berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Nov 2013 10:14 |
Last Modified: | 22 Nov 2013 10:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19387 |
Actions (login required)
View Item |