PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI MODELPEMBELAJARAN MODELING THE WAY BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS III SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG


SRI SUGIARTI, 1401409358 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI MODELPEMBELAJARAN MODELING THE WAY BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS III SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI MODELPEMBELAJARAN MODELING THE WAY BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS III SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI MODELPEMBELAJARAN MODELING THE WAY BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS III SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa secara tidak langsung dengan baik dan benar, secara lisan maupun tulis serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya sastra. Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Pakintelan 03 Kota Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran menulis di kelas III. Hal ini disebabkan kurangnya variasi dalam pemanfaatan media, keterampilan menulis siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 46%. Untuk meningkatkan keterampilan menulis di kelas III tersebut dengan menerapkan model pembelajaran modeling the way berbantuan multimedia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran modeling the way berbantuan multimedia dapat meningkat-kan aktivitas siswa dan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran menulis di kelas III SDN Pakintelan 03 Kota Semarang? Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis paragraf melalui model pembelajaran modeling the way berbantuan multimedia di kelas III SDN Pakintelan 03 Kota Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran modeling the way berbantuan multimedia berdasarkan tiga siklus.Setiap siklus terdiri atas satu pertemuan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Pakintelan 03 Semarang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan nontes. Analisis data melalui teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 14,94 dengan kategori cukup meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata skor16,5 kategori baik dan siklus III juga meningkat 22,2 dengan kategori baik. (2) Ketuntasan klasikal keterampilan menulis siswa pada siklus I sebesar 62,5% dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 73,1% dengan kategori baik dan siklus III juga meningkat 80% dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran modeling the way berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis paragraf. Saran dalam penelitian adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran modeling the way berbantuan multimedia, diharapkan siswa menambah wawasan dengan berbagai sumber belajar dan pengetahuan tentang berbagai model pembelajaran agar dapat meningkatkan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis paragraf, modeling the way, multimedia, siswa kelas III
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:12
Last Modified: 07 May 2014 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19385

Actions (login required)

View Item View Item