PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK N 1 BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Swanida Mannik Aji, 7101406153 (2013) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK N 1 BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK N 1 BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Batang masih belum optimal. Berdasarkan observasi awal dari nilai ulangan harian dapat diketahui masih terdapat siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75, hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Adakah pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Batang. (2) Seberapa besar pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Batang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Batang yang berjumlah 66 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari motivasi berprestasi sebagai variabel bebas dan prestasi belajar akuntansi sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi terdapat adanya pengaruh positif motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Batang sebesar 8%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif motivasi berprestasi terhadap prestasi hasil belajar akuntansi. Mengacu pada hasil penelitian ini maka penulis dapat mengajukan saran antara lain: (1) Bagi siswa hendaknya dapat meningkatkan motivasi berprestasinya agar dapat memperoleh prestasi belajar yang optimal. (2) Bagi guru diharapkan dapat memotivasi siswa untuk terus berprestasi dengan cara membimbing dan memperbaiki cara belajarnya. (3) Bagi pihak sekolah diharapkan dapat memberikan dukungan dan memfasilitasi siswa agar dapat termotivasi untuk berprestasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Nov 2013 09:49 |
Last Modified: | 22 Nov 2013 09:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19380 |
Actions (login required)
View Item |