PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK BERBAHASA JAWA MELALUI STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS IVA SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG


RATNASARI PURWANINGSIH, 1401409333 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK BERBAHASA JAWA MELALUI STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS IVA SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK BERBAHASA JAWA MELALUI STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS IVA SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK BERBAHASA JAWA MELALUI STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS IVA SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa mengarah pada empat keterampilan berbahasa, salah satunya adalah keterampilan menulis. Menulis petunjuk merupakan kompetensi yang harus tercapai dalam pembelajaran Bahasa Jawa di kelas IV SD. Menulis petunjuk membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan menulis. Hasil observasi awal diketahui bahwa siswa kelas IVA SDN Tambakaji 01 kesulitan dalam menuangkan gagasan dalam menulis petunjuk berbahasa Jawa. Siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran karena pembelajaran dititikberatkan pada metode informatif. Data awal menunjukkan bahwa sebesar 56, 8% (21 dari 37 siswa) tidak memenuhi KKM (65). Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan metode Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran menulis petunjuk berbahasa Jawa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran oleh guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan keterampilan menulis petunjuk berbahasa Jawa melalui strategi TTW. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN Tambakaji 01 Semarang dengan jumlah siswa 37.Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan menulis, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dikelola oleh guru berlangsung efektif. Siklus I memperoleh skor rata-rata 16 dengan kriteria baik. dan siklus II memperoleh skor rata-rata 19,5 dengan kriteria baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I memperoleh skor rata-rata 16 dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II perolehan skor rata-rata 18,5 dengan kriteria baik. Hasil menulis petunjuk berbahasa Jawa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan klasikal siklus I sebesar 74,3 % dan siklus II menjadi 86, 5 %. Simpulan hasil penelitian menggunakan strategi TTW yaitu pelaksanaan pembelajaran yang dikelola guru berlangsung efektif. Aktivitas siswa dan keterampilan menulis petunjuk berbahasa Jawa meningkat. Saran bagi guru yaitu strategi TTW dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran di SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, petunjuk, bahasa Jawa, TTW, SD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:12
Last Modified: 07 May 2014 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19375

Actions (login required)

View Item View Item