PENGEMBANGAN KARAKTER MELALUI PERMAINAN BOLA TEMBAK DALAM PELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 UNGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Aji Tri Pamungkas, 6101408270 (2013) PENGEMBANGAN KARAKTER MELALUI PERMAINAN BOLA TEMBAK DALAM PELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 UNGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN KARAKTER MELALUI PERMAINAN BOLA TEMBAK DALAM PELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 UNGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (3637Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah ada Peningkatan Karakter melalui Permainan Bola Tembak Dalam Pelajaran Penjasorkes Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2012/2013?. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui Peningkatan karakter melalui permainan bola tembak yang sesuai pada kelas XI SMA NEGERI 2 UNGARAN Kabupaten Semarang dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran sebanyak 34 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini adalah XI IPA 1 SMA N 2 Ungaran yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan. Siklus pertama diberikan kuesioner dan dilanjutkan perlakuan kepada siswa berupa permainan bola tembak kaki dan siklus kedua pemberian perlakuan berupa bola tembak simpai dan diakhiri pemberian kuesioner. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan rumus perhitungan yang ada. Hasil penelitian siklus 1 dan 2 pada kusioner, pada aspek hormat diperoleh persentase 91,18% dan 96,3%. Pada aspek tanggung jawab diperoleh persentase 88,97% dan 93,4%. Pada aspek Peduli diperoleh persentase 75,74% dan 84,6%. Pada aspek jujur diperoleh persentase 89,7% dan 96,3%. Pada aspek adil diperoleh persentase 91,91% dan 95,6%. Pada aspek beradab diperoleh dengan persentase 58,09% dan 76,5%. Hasil penelitian siklus 1 dan 2 pengamatan. pada aspek hormat diperoleh persentase 76%% dan 91%. Pada aspek tanggung jawab diperoleh persentase 74% dan 94%. Pada aspek Peduli diperoleh persentase 76% dan 86%. Pada aspek jujur diperoleh persentase 82% dan 96%. Pada aspek adil diperoleh persentase 70% dan 82%. Pada aspek beradab diperoleh dengan persentase 70% dan 84%. Dari hasil data yang diperoleh maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran permainan dapat mempengaruhi dan mengembangkan karakter. Sehingga hasil penelitian ini dapat digunakan dalam mata pelajaran penjasorkes yang diajarkan di sekolah, karena pembelajaran permainan bola tembak adalah pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan karakter, dan dapat dikembangkan kembali oleh guru penjasorkes dengan berbagai macam modifikasi yang sesuai dengan karakteristik siswa dan kondisi sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah sebagai penunjang pembelajaran

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan karakter melalui permainan bola tembak
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: suparma perpus unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 09:12
    Last Modified: 07 May 2014 09:12

    Actions (login required)

    View Item