MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLA TANGAN “KAPPAR” DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SDN MUNTUNG KECAMATAN CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2012
Novi Kurnia Triwijayanto, 6101408248 (2013) MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLA TANGAN “KAPPAR” DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SDN MUNTUNG KECAMATAN CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLA TANGAN “KAPPAR” DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SDN MUNTUNG KECAMATAN CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2012)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah model pengembangan permainan bola tangan tangkap lempar (Kappar) dalam Penjasorkes pada Siswa Kelas V SDN Muntung Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung Tahun 2012”.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bentuk model pembelajaran dalam Penjasorkes pada SiswaKelas V SD Negeri Muntung Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung Tahun 2012. Metode dalam penelitian ini adalah pengembangan berbasis penelitian (research-based development) oleh brog dan gall dengan urutan (1) Melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, Termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka. (2) Mengembangkan bentuk produk awal berupa peraturan pembelajaran permainan bola tangan kappar. (3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba skala kelompok skala kecil, dengan menggunakan kuisioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis. (4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil, revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat untuk peneliti. (5) Uji coba lapangan kecil. (6) Revisi produk akhir yang digunakan berdasarkan hasil uji lapangan. (7) Hasil akhir model pembelajaran keterampilan gerak pembelajaran permainan bola tangan kappar di SD Negeri Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner dan observasi yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, siswa setelah menggunakan produk. Hasil penelitian (1) aspek kognitif 85,5% (2) aspek afektif 96,1% (3) dan aspek psikomotorik 85,8% dengan rata-rata 89,1%.Oleh karena itu dapat diketahui bahwa keseluruhan Model Pengembangan Permainan Bola Tangan Kappar dalam Pembelajaran Penjasorkes, dinyatakan efektif karena dapat dilihat dari data-data diatas maka modifikasi permainan berbagai kecepatan lari dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran permainan bola tangan kappar layak digunakan.Dengan hasil pengembangan efektif untuk pembelajaran penjasorkes kelas V SD Negeri Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Dapat disarankan bagi guru Penjasorkes Sekolah Dasar dapat memanfaatkan model pengembangan pembelajaran ini dan dapat menambahkan variasi lain dalam pembelajaran penjasorkes.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Bola Tangan Tangkap Lempar dalam Penjasorkes |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 22797 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 14:33 |
Last Modified: | 07 May 2014 14:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19371 |
Actions (login required)
View Item |