PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VA SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG
Oktavianto wahyu Utomo, 1401409282 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VA SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VA SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran IPS dirancang untuk mengarahkan peserta didik menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Hasil observasi yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan Oktober 2012 di kelas V SDN Gisikdrono 03 menunjukkan adanya permasalahan yang menyebabkan rendahnya kualitas pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah, guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan dilaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kooperatif tipe Numbered Heds Together dalam pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Kooperatif tipe Numbered Heds Together dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gisikdrono 03Kota Semarang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada kelas V SDN Gisikdrono 03 Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan 32 siswa kelas V SDN Gisikdrono 03 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan cara analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 18 dengan kriteria Cukup, siklus II memperoleh skor 25 dengan kriteria baik, dan pada siklus III memperoleh skor 33 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor sebesar 17 dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh ratarata skor 24,2 dengan kriteria baik, dan pada siklus III memperoleh rata-rata skor 26,87 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal mencapai 62,5%, pada siklus II mencapai 76%, dan pada siklus III mencapai 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Kooperatif tipe Numbered Heds Together dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gisikdrono 03 kota Semarang. Saran yang diusulkan peneliti adalah model Kooperatif tipe Numbered Heds Together dapat dijadikan alternatif solusi untuk meningkatkan kualitas mengajar guru agar lebih inovatif, aktivitas siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran IPS, Model Kooperatif tipe Numbered Heds Together |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 13:12 |
Last Modified: | 07 May 2014 13:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19369 |
Actions (login required)
View Item |