PEMBELAJARAN KELINCAHAN GERAK SISWA MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN NAWATOBI (LOMPAT TALI) DALAM PELAJARAN PENJAS ORKES PADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI KEMAMBANG KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2012 / 2013


Rika Purnamasari, 6101408222 (2013) PEMBELAJARAN KELINCAHAN GERAK SISWA MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN NAWATOBI (LOMPAT TALI) DALAM PELAJARAN PENJAS ORKES PADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI KEMAMBANG KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2012 / 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN KELINCAHAN GERAK SISWA MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN NAWATOBI (LOMPAT TALI) DALAM PELAJARAN PENJAS ORKES PADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI KEMAMBANG KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2012 / 2013]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN KELINCAHAN GERAK SISWA MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN NAWATOBI (LOMPAT TALI) DALAM PELAJARAN PENJAS ORKES PADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI KEMAMBANG KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2012 / 2013)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Masih kurangnya kelincahan gerak pada siswa kelas VI, sehingga pendidik harus mampu menciptakan suasana yang kondusif yang mampu meningkatkan keaktifan siswa, kreatifitas siswa dan tingkat pemahaman siswa terhadap pelajaran penjas orkes. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk pembelajaran kelincahan gerak melalui “permainan nawatobi” (lompat tali) yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas VI di SD Negeri Kemambang? Metode: metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Rancangan penelitian terdiri atas empat komponen yang saling terkait, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi pada stiap siklusnya (Soedarsono, dkk, 1997:16). (1) Perecanaan: berisi tentang memotivasi praktikan untuk menerapkan dan memilih gaya mengajar yang sesuai pada situasi mengajar pendidikan jasmani. Selanjutnya merencanakan kegiatan, menetapkan waktu, cara, materi, media serta menyiapkan alatalat observasi untuk menjajal tingkat kekeliruan yng mungkin dilakukan. (2) Tindakan: melaksanakan tindakan yang sudah disepakati bersama, yaitu dengan menggunakan materi pembelajaran lompat tali (nawatobi). (3) Observasi: mengobservasi tindakan yang telah dilakukan dengan tehnik pengamatan observasi partisipatif serta memanfatkan lembar observasi yang telah dibuat. (4) Refleksi: hasil dari tahap observasi dikumpulkan dan dianalisis. Data berupa hasil pengamatan dan penilaian melalui komponen-komponen PTK, serta hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah melaksanakan pembelajaran. Hasil: dari hasil penelitian diperoleh data yaitu: (1) Pembelajaran pada prasiklus : aktifitas belajar siswa 54% dan tes kelincahan 54%. (2) Pembelajaran pada siklus 1: aktifitas belajar siswa 62% dan tes kelincahan 62%. (3) Pembelajaran pada siklus 2: aktifitas belajar siswa 82% dan tes kelincahan 81%. Kesimpulannya adalah pembelajaran kelincahan gerak melalui permainan nawatobi ini dapat diterapkan pada siswa kelas VI di SDN Kemambang Kec. Banyubiru Kab. Semarang, karena dapat meningkatkan pembelajaran kelincahan gerak siswa. Dan berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Penjas di Sekolah Dasar untuk menggunakan model pembelajaran permainan nawatobi (lompat tali) ini dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, karena sesuai dengan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kelincahan Gerak, Permainan Nawatobi.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:19
Last Modified: 07 May 2014 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19368

Actions (login required)

View Item View Item