PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL CIRC PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG


NUR LAILATUL FAJRI, 1401409281 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL CIRC PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL CIRC PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL CIRC PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di kelas V SDN Purwoyoso 03 Semarang yang menunjukkan bahwa sejumlah 58% siswa tidak tuntas dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model CIRC dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi. Rumusan masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Purwoyoso 03 Semarang?. Rumusan umum tersebut dirinci menjadi rumusan khusus sebagai berikut: 1) apakah melalui model CIRC dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajarkan puisi?; 2) apakah melalui model CIRC dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar puisi?; 3) apakah melalui model CIRC dapat meningkatkan hasil belajar dalam me-nulis puisi? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam menulis puisi melalui model CIRC. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas satu pertemuan. Subjek penelitian terdiri atas peneliti sebagai guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa, dengan rincian 21 siswa putri dan 15 siswa putra. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan nontes. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa keterampilan guru mendapat skor 30 pada siklus satu dengan kategori baik kemudian meningkat menjadi 35 dengan kategori sangat baik pada siklus dua. Hasil penelitian terhadap aktivitas siswa dalam belajar pada siklus satu adalah 17,76 dengan kategori cukup dan pada siklus dua adalah 23,13 dengan kategori baik. Persentase ketuntasan klasikal pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan dari 86,11% pada siklus satu menjadi 91, 67% pada siklus dua. Simpulan dari penelitian adalah melalui model CIRC dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam menulis puisi. Saran yang diberikan peneliti adalah model CIRC dapat dijadikan referensi dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis puisi, model CIRC, siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 14:33
Last Modified: 07 May 2014 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19367

Actions (login required)

View Item View Item