P ENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW MELALUI PERMAINAN “IO” MENGGUNAKAN BOLA KARET UNTUK TEKNIK DASAR SEPAK SILA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BINTORO 09 DEMAK KABUPATEN DEMAK TAHUN 2012/2013


Mohamamd Nuzulul Asfihani, 6101408221 (2013) P ENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW MELALUI PERMAINAN “IO” MENGGUNAKAN BOLA KARET UNTUK TEKNIK DASAR SEPAK SILA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BINTORO 09 DEMAK KABUPATEN DEMAK TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of P ENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW MELALUI PERMAINAN “IO” MENGGUNAKAN BOLA KARET UNTUK TEKNIK DASAR SEPAK SILA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BINTORO 09 DEMAK KABUPATEN DEMAK TAHUN 2012/2013]
Preview
PDF (P ENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW MELALUI PERMAINAN “IO” MENGGUNAKAN BOLA KARET UNTUK TEKNIK DASAR SEPAK SILA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BINTORO 09 DEMAK KABUPATEN DEMAK TAHUN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada di SD Negeri Bintoro 09 Demak adalah kurang berkembangnya proses pembelajaran teknik dasar sepak sila karena terbatasnya sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah. Permasalahan tersebut semakin mendalam dan berpengaruh secara signifikan terhadap pembelajaran penjasorkes,karena kurang didukung tingkat kemampuan,kreatifitas,dan inovasi para guru penjasorkes selaku pelaksana khususnya dalam pengembangan model pembelajaran. Tujuan penelitian untuk menghasilkan model pengembangan pembelajaran Sepak Takraw melalui permainan “IO”dengan menggunakan bola karet untuk meningkatkan hasil belajar sepak sila pada siswa kelas V SD Negeri Bintoro 09 Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek yang digunakan siswa kelas V SD Bintoro 09 Demak berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif, psikomotor. Teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi yaitu, ahli penjasorkes 83,75%(baik), ahli pembelajaran 81,25%(baik), uji coba skala kecil 77,66%(baik), uji coba skala besar 90,83%(baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Sepak Takraw melalui permainan “IO” dengan menggunakan bola karet untuk meningkatkan hasil belajar sepak sila pada siswa kelas V SD Negeri Bintoro 09 Demak dapat digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran Sepak Takraw melalui permainan “IO”dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga alternatif peneliti menyampaikan, saran : 1) Permainan “IO” dapat dikembangkan sebagai model pembelajaran siswa sekolah dasar, 2) dalam pembelajaran penjasorkes khususnya untuk anak usia sekolah dasar sebaiknya dibuat suatu model atau sebuah modifikasi permainan yang menarik, variatif, tidak membahayakan, serta tidak menjadikan siswa menjadi jenuh dan bosan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pengembangan, Teknik Dasar, Sepak Sila, Permainan “IO”.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:19
Last Modified: 07 May 2014 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19366

Actions (login required)

View Item View Item