PEMBELAJARAN SEPAKBOLA DALAM PENJASORKES MELALUI PERMAINAN UNIT 4 – 2 PADA SISWA SMK FARMING UNGARAN TAHUN 2013


Muhammad Muchlas, 6101408215 (2013) PEMBELAJARAN SEPAKBOLA DALAM PENJASORKES MELALUI PERMAINAN UNIT 4 – 2 PADA SISWA SMK FARMING UNGARAN TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SEPAKBOLA DALAM PENJASORKES MELALUI PERMAINAN UNIT 4 – 2 PADA SISWA SMK FARMING UNGARAN TAHUN 2013]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN SEPAKBOLA DALAM PENJASORKES MELALUI PERMAINAN UNIT 4 – 2 PADA SISWA SMK FARMING UNGARAN TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan permainan unit 4-2 pada pembelajaran sepakbola untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa terhadap aspek Penjasorkes. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan permainan unit 4-2 pada pembelajaran sepakbola untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa terhadap aspek Penjasorkes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan yang merupakan kegiatan mencermati objek penelitian suatu kelompok orang yang mengorganisasi suatu kondisi, sehingga mereka dapat mempelajari pengalaman tersebut. Sehingga dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan suatu pencermatan terhadap suatu kegiatan yang sengaja di munculkan, dan terjadi dalam sebuah kelas. Dalam PTK berbentuk proses rangkaian berdaur yang terdiri atas empat tahapan yaitu, rencana / perencanaan, tindakan, observasi, reflektif. Dalam penelitian yang dilakukan di SMK Farming Ungaran peneliti melakukan dua kali siklus yang sebelumnya sudah direncanakan sebelum melakukan penelitian. Hasil penilaian rata - rata kelas siklus I dan siklus II pada aspek kognitif yaitu 68,7 dan 77,4. Pada aspek afektif diperoleh 72,8 dan 77,4. Pada aspek psikomotor diperoleh 65,1 dan 83,6. Untuk hasil prosentase rata - rata kelas siklus I dan siklus II pada aspek kognitif yaitu 69% dan 77%. Pada aspek afektif diperoleh 73% dan 77%. Pada aspek psikomotor diperoleh 65% dan 84%. Dari hasil pengamatan yang diperoleh bahwa prosentase kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotor dari siswa SMK Farming Ungaran tahun 2013 setelah diberikan pembelajaran sepakbola melalui permainnan unit 4 – 2 terjadi peningkatan. Simpulan dari penelitian ini yaitu : 1) Penelitian pembelajaran sepakbola dalam penjasorkes melalui permainan unit 4 – 2 dapat meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada siswa, 2) Untuk aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa SMK Farming Ungaran telah meningkat setelah diberikan pembelajaran sepakbola melalui permainan unit 4 – 2 dengan menganalisis lembar pengamatan yang telah disusun sedemikian rupa sehingga mengacu pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Karena telah mengalami peningkatan dan terdapat pengaruh positif pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa, maka telah memenuhi semua kriteria pembelajaran efektif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sepakbola dalam Penjasorkes
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:19
Last Modified: 07 May 2014 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19364

Actions (login required)

View Item View Item