PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA KARTU MASALAH PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI 03


LINDA, 1401409269 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA KARTU MASALAH PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI 03. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA KARTU MASALAH PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI 03]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA KARTU MASALAH PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI 03)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil kegiatan refleksi bersama kolaborator, catatan lapangan dan data dokumen ditemukan masalah dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Gunungpati 03 yaitu guru masih mengajar dengan Teacher Centered, belum mengenalkan siswa pada masalah sehari-hari, kurang mengajak siswa berkelompok dan belum mengajak siswa berpikir konstruktivis. Guru juga belum mengajak siswa menyusun hasil karya sehingga pencapaian hasil evaluasi siswa kurang maksimal. Dari data yang diperoleh 70% siswa mendapat nilai dibawah KKM 65. Dari data dokumen diperoleh rata-rata kelas 65,9, nilai terendahnya 53,33 dan nilai tertinggi 100. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model PBI dengan media kartu masalah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang terdiri dari keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Gunungpati 03. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui penerapan model PBI dengan media kartu masalah. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Gunungpati 03 dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Variabel penelitian ini adalah ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Jenis data meliputi kuantitatif dan kualitatif yang dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes yaitu observasi, wawancara guru dan siswa dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil observasi keterampilan guru pembelajaran IPA menggunakan model PBI dengan media kartu masalah siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15% dan siklus II ke siklus III meningkat sebesar 10%. Observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran ini juga meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 10,6% dan siklus II ke siklus III meningkat 12,8%. Hasil belajar IPA pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 13 % dan dari siklus II ke siklus III meningkat 15%. Simpulan dari penelitian ini adalah model PBI dengan media kartu masalah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas V SDN Gunungpati 03 dnegan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Saran bagi guru adalah lebih meningkatkan kualitas pembelajaran IPA menggunakan model yang inovatif serta meningkatkan keterampilan mengajar agar siswa termotivasi dan aktif dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Model PBI, Media Kartu masalah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 14:33
Last Modified: 07 May 2014 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19363

Actions (login required)

View Item View Item