MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLA BASKET EMPAT SASARAN TEMBAK BERGERAK DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KUTABANJARNEGARA 2012 KABUPATEN BANJARNEGARA


M. ANGGIT GUNAWAN, 6101408213 (2013) MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLA BASKET EMPAT SASARAN TEMBAK BERGERAK DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KUTABANJARNEGARA 2012 KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLA BASKET EMPAT SASARAN TEMBAK BERGERAK DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KUTABANJARNEGARA 2012 KABUPATEN BANJARNEGARA]
Preview
PDF (MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLA BASKET EMPAT SASARAN TEMBAK BERGERAK DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KUTABANJARNEGARA 2012 KABUPATEN BANJARNEGARA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Penjasorkes melalui modifikasi bola basket empat sasaran tembak bergerak dapat meningkatkan pembelajaran Penjasorkes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil model pembelajaran Penjasorkes melalui permainan bola basket empat sasaran tembak bergerak yang dimodifikasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dapat meningkatkan pembelajaran Penjasorkes. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan berbasis penelitian (research-based development) dengan langkah-langkah: 1) Melakukan penelitian pendahuluan dan mengumpulkan informasi termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, 2) Mengembangkan produk awal yang berupa peraturan permainan bola basket yang dimodifikasi, 3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, 4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji kelompok kecil. Revisi ini digukanan sebagai perbaikan terhadap prodak awal yang dibuat oleh peneliti, 5) Uji lapangan, 6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, dan 7) Hasil akhir model modifikasi permainan bolabasket empat sasaran tembak bergerak untuk siswa kelas V Sekolah Dasar yang dihasilkan melelui revisi uji lapangan. Hasil penilaian ahli penjas dan ahli pembelajan menunjukkan produk awal modifikasi permainan bolabasket empat sasaran tembak bergerak yang telah dibuat dinyatakan telah baik walaupun masih perlu direvisi pada bagian-bagian tertentu. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan tanggapan pada produk modifikasi permainan bolabasket empat sasaran tembak bergerak sudah baik (77%). Hasil uji coba lapangan menunjukkan tanggapan pada produk modifikasi permainan bola basket empat sasaran tembak bergerak yang meliputi aspek psikomotor, kognitif dan afektif sudah baik (88%). Kajian dan saran penelitian ini yaitu pengembangan produk modifikasi permainan bola basket empat sasaran tembak bergerak layak digunakan untuk bahan pembelajaran karena mendapat penerimaan secara baik oleh siswa dan dapat meningkatkan aktivitas siswa selama pembelajaran. Oleh karena itu dapat diajukan saran: 1) Guru penjasorkes hendaknya mempertimbangkan penggunaan produk modifikasi permainan bolabasket empat sasaran tembak bergerak sebagai alternatif dalam menyampaikan pembelajaran bolabasket pada kelas V Sekolah Dasar sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut akan tercapai, 2) Untuk peneliti selanjutnya dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam penelitian ini agar diperoleh hasil produk modifikasi permainan bolabasket untuk pembelajaran penjasorkes yang semakin baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Pembelajaran Bola Basket; Permainan Bola Basket Empat Sasaran Tembak Bergerak.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 14:33
Last Modified: 07 May 2014 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19362

Actions (login required)

View Item View Item