MODEL KOOPERATIF TIPE TGT(TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DENGAN BERBANTUAN MEDIAAUDIOVISUAL UNTUKMENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG


Rifki Arifatul Uyun, 1401409251 (2013) MODEL KOOPERATIF TIPE TGT(TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DENGAN BERBANTUAN MEDIAAUDIOVISUAL UNTUKMENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL KOOPERATIF TIPE TGT(TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DENGAN BERBANTUAN MEDIAAUDIOVISUAL UNTUKMENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (MODEL KOOPERATIF TIPE TGT(TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DENGAN BERBANTUAN MEDIAAUDIOVISUAL UNTUKMENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial adalah program pendidikan yang mengintegrasikan secara interdisiplin konsep ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Hasil refleksi di kelas III SDN Bringin 02 menunjukan guru masih mendominasi modelceramah materi IPS, kurangnya penggunaan media, aktivitasnya hanya mendengarkan di tempat duduk, siswa merasa jenuh dan beralih untuk bermain, hasil belajar 22 siswa dari 40 siswa belum mencapai KKM yaitu 65. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan model Teams Games Tournament berbantuan media audiovisual. Rumusan masalah dari penelitian adalah apakah melalui model Teams Games Tournament berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model Teams Games Tournament berbantuan media audiovisual. Penelitian ini adalah pelaksanaan tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas III SDN Bringin 02 Semarang yaitu sebanyak 23 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Data dikumpulkan melalui teknik non tes dan tes yang dianalisis dengan cara analisis data deskriptif kuntitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 3 variabel yaitu ketrampilan guru,aktivitas siswa dan hasil belajar Hasil penelitian menunjukan bahwa model Teams Games Tournament berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 22 (kategori baik), siklus II memperoleh skor 26 (kategori baik), dan siklus III memperoleh skor 30 (kategori sangat baik). Jumlah skor rata-rata aktivitas siswa siklus I mendapatkan 12,9 (kategori baik), siklus II mendapatkan 15,26 (kategori baik), dan siklus III mendapatkan17,03 (kategori sangat baik). Ketuntasan klasikal siswa siklus I sebesar 65%, Siklus II sebesar 77,50%, dan siklus III sebesar 87,50%. Simpulan dari penelitian yaitu dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas III SDN Bringin 02 Semarang. Saran yang disampaikan adalah sebaiknya guru menerapkan model inovatif seperti model teams games tournament berbantuan media audiovisual sehingga dapat menumbuhkan tanggung jawab siswa, dan sekolah perlu menyediakan fasilitas untuk pengembangan pendidikan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model Teams Games Tournament, media Audiovisual, kualitas pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 14:34
Last Modified: 07 May 2014 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19361

Actions (login required)

View Item View Item