PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI BENDAN NGISOR SEMARANG


MOH SOLICHIN, 1401409244 (2013) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI BENDAN NGISOR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI BENDAN NGISOR SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI BENDAN NGISOR SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran IPA di SD Negeri Bendan Ngisor belum mengajak siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan sehingga menyebabkan aktivitas siswa kurang dan berdampak pada hasil belajar siswa masih rendah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas VA SD Negeri Bendan Ngisor Semarang? Tujuannya untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri Bendan Ngisor Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri Bendan Ngisor Semarang berjumlah 24 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan rata-rata keterampilan guru pada siklus I yaitu 72,50%, siklus II, 82,50%, siklus III 87,50%. Persentase hasil aktivitas siswa siklus I 68,02%, siklus II, siklus III 85,95%. Persentase ketuntasan klasikal siswa juga mengalami peningkatan, siklus I 70,83%, Siklus II 79,16%, dan siklus III 95,83%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka simpulan yang diperoleh adalah metode inkuiri dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri Bendan Ngisor Semarang pada mata pelajaran IPA. Saran yang bisa diberikan adalah penelitian melalui metode inkuiri dapat dikembangkan lebih lanjut, baik oleh guru, lembaga, maupun pengembang pendidikan lainnya dengan harapan metode inkuiri dalam pembelajaran menjadi lebih baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPA, metode inkuiri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 14:34
Last Modified: 07 May 2014 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19360

Actions (login required)

View Item View Item