PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MULTIMEDIAPADA SISWA KELAS IVA SDNWONOSARI 02 SEMARANG


FENTI MULYANI RAHMAWATI, 1401409239 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MULTIMEDIAPADA SISWA KELAS IVA SDNWONOSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MULTIMEDIAPADA SISWA KELAS IVA SDNWONOSARI 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MULTIMEDIAPADA SISWA KELAS IVA SDNWONOSARI 02 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi dengan kolaborator,dijumpai masalah pembelajaran di SDN Wonosari 02 yaituguru kurang mampu menghadirkan suatu permasalahan yang menarik, guru kurang memotivasi siswa untuk bekerja secara kelompok dan belum optimal dalam penggunaan media, siswa kurang termotivasi untuk melakukan penyelidikan, sikap penemuan-penemuan yang berorientasi dengan kehidupan sehari-hari siswa belum tertanam,danhasil belajar siswa masih rendah. Rumusan masalah secara umum adalah“Apakah model PBIdengan multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IVA SDN Wonosari 02?”. Sedangkan secara khusus adalah:Apakah melalui model pembelajaran PBI dengan multimedia dapat meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA kelas IVA SDN Wonosari 02?. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IVA SDN Wonosari 02. Secara khusus adalah : Meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA kelas IVA SDN Wonosari 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaranPBI dengan multimedia yang diterapkan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDNWonosari 02 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, catatan lapangan, dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) keterampilan guru dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran PBI dengan multimediameningkat dilihat dari hasil observasi. Pada siklus I memperoleh skor 20(baik), pada siklus II menjadi 25 (baik), dan pada siklus III menjadi 28 (sangat baik). (2) aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran PBIdengan multimediameningkat dilihat dari hasil observasi. Pada siklus I memperoleh rata-rata skor 21,4 (baik), pada siklus II meningkat menjadi24,1(baik), dan pada siklus III meningkat menjadi 25,84. (3) Ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal 37,8% dan setelah dilaksanakan tindakan penelitian pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 74 (71% tuntas), meningkat pada siklus II menjadi 76(74% tuntas), dan pada siklus III menjadi 86 (92% tuntas). Ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 85% telah terpenuhi sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah melalui modelPBIdengan multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPApada siswa kelas IVA SDNWonosari 02 Semarang yang ditandai dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah guru hendaknya menggunakan model pembelajaran inovatif salah satunya adalah model PBI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas PembelajaranIPA, Model pembelajaran PBI, Multimedia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 14:34
Last Modified: 07 May 2014 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19359

Actions (login required)

View Item View Item