PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IVB SDN KARANGANYAR 01 SEMARANG


YANU ARTHADINI, 1401409205 (2013) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IVB SDN KARANGANYAR 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IVB SDN KARANGANYAR 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IVB SDN KARANGANYAR 01 SEMARANG)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA pada siswa kelas IVB SD Negeri Karanganyar 01 Semarang masih belum optimal. Berdasakan pada refleksi melalui data berupa minat belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA masih sangat kurang,sehingga hasil belajar juga rendah, yaitu dari 41 siswa yang mencapai KKM hanya 15 siswa (36,5%) dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 65. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model Quantum Teaching Berbantuan Media Grafis dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IVB SDN Karanganyar 01 Semarang?.Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas IVB SDN Karanganyar 01 Semarang, dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model Quantum Teaching berbantuan media grafis. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Karanganyar 01 Semarang dengan subjek penelitiannya adalah guru kelas IVB dan siswa kelas IVB sebanyak 43. Variabel penelitiannya adalah keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik tes berupa evaluasi dan nontes berupa observasi. Kemudian hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata skor total 23.5 dengan kriteria baik (B) dan pada siklus II meningkat dengan perolehan rata-rata skor total 33.5 dengan kriteria sangat baik (A). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor total 21.5 dengan kriteria baik (B) dan pada siklus II meningkat dengan perolehan rata-rata skor total 24.75 dengan kriteria baik (B). Hasil belajar siswa peda siklus I diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 57.5% dan pada siklus II diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 76.5%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan Model Quantum Teaching Berbantuan Media Grafis dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IVB SDN Karanganyar 01 Semarang. Saran bagi guru adalah Model Quantum Teaching Berbantuan Media Grafis dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Quantum Teaching, Media Grafis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 14:34
Last Modified: 07 May 2014 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19357

Actions (login required)

View Item View Item