PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN GUNUNGPATI 02 SEMARANG
Anggun Dias Kusumawardani , 1401409201 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN GUNUNGPATI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN GUNUNGPATI 02 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan refleksi awal di SDN Gunungpati 02 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran bahasa Jawa di kelas II yakni pembelajaran yang belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, pembelajaran masih berpusat pada guru, penggunaan media belum maksimal, dan aktivitas siswa kurang yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal hanya 39%. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu adanya perbaikan dengan menggunakan model Picture and Picture. Rumusan masalah: bagaimana cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis narasi berbahasa Jawa pada siswa kelas II SD Negeri Gunungpati 02 Semarang. Tujuan penelitian: meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis narasi berbahasa Jawa pada siswa kelas II SD Negeri Gunungpati 02 Semarang. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN Gunungpati 02 Semarang. Variabel yang diselidiki keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar berupa keterampilan menulis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru siklus 1 memperoleh skor 23 dengan kategori baik, siklus 2 meningkat dengan perolehan skor 28 dengan kategori baik, dan siklus 3 meningkat lagi menjadi 33 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus 1 memperoleh skor 406 dan rata-rata skor 17,65 dengan kategori cukup, siklus 2 meningkat dengan skor 502 dan rata-rata skor 21,82 dengan kategori baik, dan siklus 3 meningkat lagi dengan skor 607 dan rata-rata skor 26,39 dengan kategori baik. (3) Ketuntasan belajar siswa meningkat. Hasil belajar siswa siklus 1 nilai rata-rata yang diperoleh 55 dengan persentase 55%, siklus 2 meningkat menjadi 65 dengan persentase 61%, dan siklus 3 meningkat lagi menjadi 80 dengan persentase 83%. Simpulan penelitian ini adalah model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis narasi berbahasa Jawa dalam pembelajaran bahasa Jawa. Saran: guru menerapkan model Picture and Picture dalam pembelajaran dan memotivasi siswasupaya lebih aktif dalam mengungkapkan ide dan saat melakukan tanya jawab Kata kunci: keterampilan menulis narasi, Picture and Picture
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis narasi, Picture and Picture |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 16:59 |
Last Modified: | 07 May 2014 17:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19356 |
Actions (login required)
View Item |