Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Jawa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integreated Reading and Composition Kelas IVA SDN Wonosari 03 Semarang


TINA STIYANI, 1401409200 (2013) Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Jawa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integreated Reading and Composition Kelas IVA SDN Wonosari 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Jawa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integreated Reading and Composition Kelas IVA SDN Wonosari 03 Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Jawa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integreated Reading and Composition Kelas IVA SDN Wonosari 03 Semarang)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada semester 1 tahun ajaran 2012/2013 di kelas IVA SDN Wonosari 03 , ditemukan masalah dalam pembelajaran bahasa Jawa tentang membaca pemahaman yang belum optimal. Siswa kurang antusias dalam pembelajaran, tingkat pemahaman siswa terhadap kosakata bahasa Jawa rendah dan kurang adannya optimalisasi penggunaan strategi atau model-model pembelajaran yang efektif dari guru sehingga berakibat pada rendahnya keterampilan membaca, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan nilai semester satu (2012/2013), hanya 15 (44%) dari 42 siswa yang mencapai KKM. Oleh karena itu perlu adanya suatu perbaikan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran CIRC yang diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa jawa pada kelas IVA SD Wonosari 03?”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatan keterampilan guru, meningkatan aktivitas siswa dan meningkatkan keterampilan membaca kelas IVA dalam pembelajaran bahasa Jawa dengan CIRC. Subjek penelitian ini adalah guru dan 42 siswa kelas IVA SDN Wonosari 03 Semarang. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) hasil observasi keterampilan guru mengalami peningkatan, pada siklus 1 memperoleh skor 26 dengan kriteria baik, siklus 2 memperoleh skor 30 dengan kriteria baik, dan pada siklus 3 memperoleh skor 33 dengan kriteria sangat baik; 2) hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada siklus 1 mendapat rata-rata skor 2,70 dengan kriteria baik, siklus 2 mendapatkan rata-rata skor 3,15, dan siklus 3 mendapatkan rata-rata skor 3,39; 3) hasil pemahaman membaca siswa mengalami peningkatan, pada siklus 1 mendapat persentase ketuntasan klasikal 65%, pada siklus 2 mendapat persentase ketuntasan klasikal 74%, dan pada siklus 3 mendapat persentase ketuntasan klasikal 86%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran membaca teks Jawa siswa kelas IVA SDN Wonosari 03 Semarang. Disarankan agar guru dapat berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam strategi dan model-model pembelajaran yang menjadikan siswa menjadi lebih efektif dan efisien sehingga siswa dapat aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca, Pembelajaran Kooperatif, CIRC
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 16:59
Last Modified: 07 May 2014 16:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19354

Actions (login required)

View Item View Item