PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PMRIBERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS VBSDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG


Eka Fatmahwati, 1401409197 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PMRIBERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS VBSDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PMRIBERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS VBSDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PMRIBERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS VBSDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG)
Download (12MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Tambakaji 01 Semarang ditemukan berbagai masalah pada pembelajaran matematika kelas VB yaitu guru tidak menghubungkan materi pelajaran dengan permasalahan realistik yang sehari-hari dihadapi siswa sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menerima pengetahuan yang disampaikan guru. Penguatan yang diberikan guru hanya berupa verbal yaitu pintar dan bagus, serta guru belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak buruk pada hasil belajar domain kognitif pada materi bangun ruang. Sebanyak 21 siswa dari 36 (41,67%) siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM yang telah ditetapkan yaitu 60. Berdasarkan kenyataan tersebut, maka diadakan perbaikan dengan menerapkan pendekatan PMRI berbantuan media grafis. Rumusan masalah secara umum adalahbagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui pendekatan PMRIberbantuan media grafis pada siswa kelas VB SDN Tambakaji 01 Semarang?. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Tambakaji 01 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan pendekaan PMRI berbantuan media grafis dapat diketahuibahwa keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar ranah kognitif siswa mengalami peningkatan. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata sebesar 52 dengan kategori baik dan siklus II memperoleh skor rata-ratasebesar 63,5 dengan kategori sangat baik.Aktivitas siswa pada siklus Imemperoleh skor rata-rata sebesar 28,75 dengan kategori cukup dan pada siklus II memperoleh skor rata-rata sebesar 40,35 dengan kategori baik. Sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa pada akhir siklus I adalah 72,22% , dan pada akhir siklus II adalah91,67%. Simpulan dari penelitian ini adalah melaluipenerapanpendekatan PMRI berbantuan media grafis dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menyajikan materi, menggunakan media, menciptakan iklim belajar yang optimal, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa sehingga kualitas pembelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar meningkat. Saran dalam menerapkan pendekatan PMRI berbantuan media grafis pada pembelajaran yaitu guru sebaiknya mengajukan masalah yang realistik bagi siswa sesuai dengan pengalaman dan tingkat pengetahuan siswa, serta menggunakan media yang menarik sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, PMRI, Media Grafis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 16:59
Last Modified: 07 May 2014 16:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19353

Actions (login required)

View Item View Item