PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA INJAK DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PLADEN KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS TAHUN 2012


M. Nurul Huda, 6101408202 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA INJAK DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PLADEN KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA INJAK DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PLADEN KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS TAHUN 2012]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA INJAK DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PLADEN KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS TAHUN 2012)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk model permainan bola injak dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas V SD N 1 Pladen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model permainan bola injak pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian observasi awal, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji skala kecil. Revisi digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal, (5) uji skala lapangan, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji skala besar, (7) hasil akhir modifikasi model permainan bola injak yang dihasilkan melalui revisi uji skala besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji skala kecil pada tanggal 20 Oktober 2012 (10 siswa Kelas V SD Negeri 1 Pladen), dan uji skala besar pada tanggal 03 November 2012 (30 siswa Kelas V SD Negeri 1 Pladen). Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 77% (baik), ahli pembelajaran I 92% (sangat baik), ahli pembelajaran II 90,66% (sangat baik), uji skala kecil 96% (sangat baik), dan uji skala besar 93,66% (sangat baik), maka model pengembangan ini sangat baik sebagai salah satu model permainan bola injak bagi kelas V siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan yang dihasilkan adalah pengembangan model permainan bola injak dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas V SD negeri 1 Pladen. Saran bagi guru penjasorkes untuk dapat menggunakan produk pengembangan ini dan mengembangkan model permainan bola injak yang lebih menarik lainnya dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, permainan Bola Injak,Sepakbola.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 16:59
Last Modified: 07 May 2014 16:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19346

Actions (login required)

View Item View Item