PENGEMBANGANMODEL PEMBELAJARAN TENIS MEJA LANTAI DALAM PENJASORKESPADA SISWA KELAS VI SD PURI 01KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI


Stevanus William Ardi, 6101408193 (2013) PENGEMBANGANMODEL PEMBELAJARAN TENIS MEJA LANTAI DALAM PENJASORKESPADA SISWA KELAS VI SD PURI 01KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGANMODEL PEMBELAJARAN TENIS MEJA LANTAI DALAM PENJASORKESPADA SISWA KELAS VI SD PURI 01KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (PENGEMBANGANMODEL PEMBELAJARAN TENIS MEJA LANTAI DALAM PENJASORKESPADA SISWA KELAS VI SD PURI 01KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah adalahpemanfaatan lingkungan sekolah untuk pengembangan model pembelajaran tenis meja lantai.Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah : bagaimana bentuk pengembangan model permainan tenis meja melalui pembelajaran tenis meja lantai.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan model pembelajaran tenis meja lantai dalam penjasorkes pada siswa kelas VI SD Puri 01 Kecamatan Pati Kabupaten Pati Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu:(1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satuahli Penjas danahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (16 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran sepakbola melalui permainan tenis mejalantaiyang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satuahli Penjas danahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa putra SD Negeri 1 Puri), dan uji lapangan (16 siswa SD Negeri 1 Pati).Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 66.7% (baik), ahli pembelajaran 86,67% (baik). Uji coba kelompok kecil 73,33% (baik), dan uji lapangan 88,12 % (baik). Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran tenis meja melalui permainan tenis mejalantai ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Tenis Meja Lantai
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 16:59
Last Modified: 07 May 2014 16:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19345

Actions (login required)

View Item View Item