PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02
NAVISA DEWI BELLADINA, 1401409179 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02 dalam pembelajaran IPA mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan kebiasaan guru yang masih menggunakan model pembelajaran yang kurang inovatif, siswa kurang aktif, yang berdampak pada hasil belajar siswa rata-rata di bawah KKM. Mengatasi permasalahan tersebut perlu penerapan model Quantum Teaching, karena Quantum Teaching merupakan model yangmengorkestrasikan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan di sekitar situasi belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan meggunakan Model Quantum Teaching dengan Media CD interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan guru pada siklus I pertemuan 1 mendapat skor 37 denga kategori baik. Aktivitas siswa mendapat skor 31,15 dengan kategori baik dan hasil belajar siswa 72,97%. Pada pertemuan 2, keterampilan guru mendapat skor 39 dengan kategori baik, aktivitas siswa mendapat skor 31,93 dengan kategori baik, dan ketuntasan hasil belajar siswa 75,68%. Pada siklus II pertemuan 1, keterampilan guru mendapat skor 44 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa mendapat skor 32,1 dengan kategori baik, dan ketuntasan hasil belajar 75,68%. Pada pertemuan 2, keterampilan guru mendapat skor 45 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa mendapat skor 33,23 dengan kategori baik, dan ketuntasan hasil belajar siswa 78,38%. Pada siklus III pertemuan 1, keterampilan guru mendapat skor 45 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa mendapat skor 33,56 dengan kategori baik, dan ketuntasan hasil belajar 86,49%. Pada pertemuan 2, keterampilan guru mendapat skor 46 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa mendapat skor 33,36 dengan kategori baik, dan ketuntasan hasil belajar siswa 89,19%. Simpulan penelitian ini adalah Model Quantum Teaching dengan Media CD interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran dari peneliti guru hendaknya bisa menguasai kelas,agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran, Quantum Teaching, CD interaktif |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 17:03 |
Last Modified: | 07 May 2014 17:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19342 |
Actions (login required)
View Item |