MODEL PEMBELAJARAN KESEIMBANGAN DALAM PENJAS MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 06 TERBAN KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS TAHUN 2013


Ary Juli Setiyanto, 6101408188 (2013) MODEL PEMBELAJARAN KESEIMBANGAN DALAM PENJAS MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 06 TERBAN KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN KESEIMBANGAN DALAM PENJAS MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 06 TERBAN KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS TAHUN 2013]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN KESEIMBANGAN DALAM PENJAS MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 06 TERBAN KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pemanfaatan lingkungan sekitar merupakan salah satu pembelajaran di SD, namun pada kenyataanya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengembangan model pembelajaran keseimbangan melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SD Negeri 06 Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2013?”. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran keseimbangan melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SD Negeri 06 Terban dalam pembelajaran penjasorkes sehingga dapat mengembangkan berbagai aspek pembelajaran dan meningkatkan aktivitas jasmani siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar dengan rata-rata penilaian 4 dengan kriteria baik. Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba kelompok kecil. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 89,72% dengan kategori baik. Dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 83,61%. dengan kategori baik. Siswa sudah tidak merasa kesulitan ketika bermain keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran keseimbangan melalui pendekatan lingkungan persawahan efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan model pembelajaran keseimbangan melalui pendekatan lingkungan persawahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran keseimbangan, Lingkungan Persawahan.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:03
Last Modified: 07 May 2014 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19340

Actions (login required)

View Item View Item