PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBASIS POWERPOINT PADA SISWA KELAS VA SDN BENDAN NGISOR KOTA SEMARANG


RETNO ASIH, 1401409154 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBASIS POWERPOINT PADA SISWA KELAS VA SDN BENDAN NGISOR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBASIS POWERPOINT PADA SISWA KELAS VA SDN BENDAN NGISOR KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBASIS POWERPOINT PADA SISWA KELAS VA SDN BENDAN NGISOR KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

PKn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Hasil observasi di kelas VA SDN Bendan Ngisor ditemukan beberapa permasalahan, yaitu: kegiatan pembelajaran kurang mengaktifkan siswa dan kurang mengoptimalkan penggunaan media maupun penerapan model pembelajaran yang inovatif, kurangnya keaktifan siswa dalam bertanya, mengemukakan pendapat, maupun berdiskusi, serta siswa kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga kurang memperhatikan penjelasan guru. Permasalahan tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa sehingga perlu dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas VA SDN Bendan Ngisor kota Semarang? Tujuan penelitian adalah meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas VA SDN Bendan Ngisor kota Semarang dengan menggunakan model pembelajaran scramble berbasis powerpoint. Penelitian tindakan kelas terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan satu kali pertemuan pada setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah guru dan 24 siswa kelas VA SDN Bendan Ngisor. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil observasi keterampilan guru siklus I memperoleh skor 24 dengan kriteria baik. Pada siklus II memperoleh skor 30 dengan kriteria sangat baik, kemudian pada siklus III memperoleh skor 34 dengan kriteria sangat baik. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan guru. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 21,52 dengan kriteria baik. Siklus II meningkat dengan skor rata-rata 24.5 dengan kriteria baik. Pada siklus III meningkat dengan perolehan skor rata-rata 28.1 dengan kriteria sangat baik. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa. Ketuntasan belajar klasikal siklus I adalah 69.6% dengan kriteria tinggi, siklus II meningkat menjadi 79.2% dengan kriteria tinggi, dan siklus III meningkat menjadi 87.5% dengan kriteria sangat tinggi. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran scramble berbasis powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Bendan Ngisor kota Semarang pada mata pelajaran PKn. Saran bagi guru yaitu guru hendaknya menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan media yang bervariasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran PKn, Model Pembelajaran Scramble, Powerpoint
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:03
Last Modified: 07 May 2014 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19338

Actions (login required)

View Item View Item