PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES KID’S ATLETIK MELALUI PERMAINAN THE STRENGTH POST, PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI, KECAMATAN GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG TAHUN .


Panji Nugraha, 6101408183 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES KID’S ATLETIK MELALUI PERMAINAN THE STRENGTH POST, PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI, KECAMATAN GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG TAHUN . Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES KID’S ATLETIK MELALUI PERMAINAN THE STRENGTH POST, PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI, KECAMATAN GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG TAHUN .]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES KID’S ATLETIK MELALUI PERMAINAN THE STRENGTH POST, PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI, KECAMATAN GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG TAHUN .)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran penjasorkes Kid’s Atletik melalui permainan The Strength Post adalah suatu metode pembelajaran gerak dasar melompat,berlari dan melempar yang disatukan dalam satu permainan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah model pengembangan pembelajaran kid’s atletik melalui permainan the strength post pada siswa kelas V SDN Gunungpati,kecamatan Gunungpati,Kota Semarang?” Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran Kid’s atletik dan meningkatkan daya tahan tubuh melalui permainan The Strength Post. Yang menjadi objek permainan ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gunungpati. Diharapkan dalam pembelajaran penjasorkes melalui permainan the strength post dapat mengembangkan berbagai aspek pembelajaran dan meningkatkan aktivitas jasmani siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis kebutuhan produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Data yang diperoleh dari evaluasi ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar dengan kriteria sangat baik. Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba kelompok kecil. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase , % dengan kategori baik. Dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase , %. dengan kategori sangat baik. Siswa sudah tidak merasa kesulitan ketika bermain permainan The Strenght Post. Selain itu, setelah melakukan permainan The Strenght Post denyut nadi siswa meningkat , . Berdasarkan data hasil penelitian,permainan The Strenght Post efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa SD kelas V sehingga permainan ini dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan model permainan The Strenght Post dalam pembelajaran kid’s atletik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran kid’s Atletik, Permainan The Strenght Post.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:03
Last Modified: 07 May 2014 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19337

Actions (login required)

View Item View Item