PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SDN MANGKANG KULON 02


VIDA SAFIRA, 1401409122 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SDN MANGKANG KULON 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SDN MANGKANG KULON 02]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SDN MANGKANG KULON 02)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdsarkan data awal yang diperoleh peneliti di kelas III SDN Mangkang Kulon 02, ditemukan permasalahan keterampilan menulis narasi rendah, siswa mengalami kesulitan dalam tugas menulis narasi yang diberikan guru, pembelajaran berpusat pada guru. Untuk mengatasi permasalahn tersebut, diterapkan model pembelajaran picture and picture dalam keterampilan menulis narasi. Model pembelajaran picture and picture merupakan model pembelajaran yang menggunakan media gambar. Gambar diurutkan menjadi urutan logis dan digunakan untuk membantu siswa dalam penanaman konsep agar lebih mudah dalam menulis narasi.Rumusan masalah dari penelitian adalah apakah melalui model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan guru, apakah melalui model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa,apakah melalui model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkanketerampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis dalam pembelajaran menulis narasai melalui model pembelajaran picture and picture. Rancangan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Mangkang Kulon 02 dan guru. Data dikumpulkan dengan cara observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknis analasis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan guru meningkat, aktivitas belajar siswa meningkat, dan keterampilan menulis siswa meningkat. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan guru,aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis pada siswa kelas III SDN Mangkang Klon 02. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam pembelajaran hendaknya guru lebih kreatif dan variatif dalam pembelajaran dan memperhatikan keterampilan mengajar guru. Sedangkan siswa hendaknya dapat berpartisipasi aktif dan terjalin hubungan baik antara siswa dengan siswa, atau siswa dengan guru sehingga kelas menjadi kondusif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis narasi, picture and picture
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:05
Last Modified: 07 May 2014 17:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19335

Actions (login required)

View Item View Item