PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KOMIK PADA KELAS V SD TUGUREJO 03


GALIH FAJAR NUGROHO, 1401409086 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KOMIK PADA KELAS V SD TUGUREJO 03. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KOMIK PADA KELAS V SD TUGUREJO 03]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KOMIK PADA KELAS V SD TUGUREJO 03)
Download (10MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran matematika pada siswa kelas V SD Tugurejo 03 menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran belum berjalan maksimal khususnya untuk materi pecahan. Siswa kurang mempunyai kemampuan bersaing dengan teman (berkompetisi) dalam memperoleh hasil belajar yang tinggi. Penggunaan media kurang menarik dalam pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan sebanyak 52,63% (20 siswa dari 38 sis-wa) kelas V SD Tugurejo 03 belum memenuhi KKM sedangkan sisanya sebanyak 47,37% (15 siswa dari 38 siswa) sudah memenuhi KKM 65. Rumusan masalah secara umum adalah apakah model kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan media komik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pecahan pada siswa kelas V SD Tugurejo 03? Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap si-klus terdiri atas 2 kali pertemuan. Tahapan dalam penelitian ini antara lain adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Tugurejo 03. Teknik pengumpulan data meng-gunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar ranah kognitif siswa mengalami peningkatan. Keterampilan guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 33 (kategori baik), siklus I pertemuan 2 adalah 42 (kategori baik), siklus II pertemuan 1 adalah 46 (kategori sangat baik), dan siklus II pertemuan 2 adalah 50 (kategori sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor rata-rata sebesar 13,43 (kategori cukup), siklus I pertemuan 2 adalah 15,75 (kategori baik), siklus II pertemuan 1 adalah 17,67 (kategori baik), dan siklus II pertemuan 2 adalah 20,17 (kategori sangat baik). Sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 63,9% , pada siklus I pertemuan 2 adalah 72,2%, pada siklus II pertemuan 1 adalah 83,3%, dan pada sikus II pertemuan 2 adalah 86,1%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media komik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pecahan di kelas V Sekolah Dasar. Saran untuk pneliti selanjutnya adalah pada tahapan tournament, hendaknya guru meminta bantuan kolaborator agar situasi selama berlangsungnya tournament berjalan kondusif dapat memanfaatkan waktu dengan baik dalam mengerjakan soal turnamen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: komik, kualitas pembelajaran, TGT
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:06
Last Modified: 07 May 2014 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19334

Actions (login required)

View Item View Item