PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA LUGU MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUKAN MEDIA FLASH PLAYER SISWA KELAS IVB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG


Wahyu Rina Susilowati, 1401409081 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA LUGU MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUKAN MEDIA FLASH PLAYER SISWA KELAS IVB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA LUGU MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUKAN MEDIA FLASH PLAYER SISWA KELAS IVB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA LUGU MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUKAN MEDIA FLASH PLAYER SISWA KELAS IVB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

menemui berbagai kendala yakni guru kurang terampil dalam memilih metode dan pemanfatan media, serta kurang memotivasi siswa dalam berbicara krama, siswa kurang antusias dalam mempelajari bahasa Jawa, serta kurang terbiasanya siswa menggunakan bahasa Jawa, hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 34%. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara krama lugu siswa kelas IVB SDN Purwoyoso 03 Semarang, peneliti menerapkan model Direct Instruction berbantukan media Flash Player. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Direct Instruction berbantukan media Flash Player dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan berbicara krama lugu siswa kelas IVB SD Purwoyoso 03 Semarang?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara krama lugu siswa dalam kelas IVB SDN Purwoyoso 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Direct Instruction berbantukan media Flash Player yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Purwoyoso 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 20 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 25 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 28 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 17,41 dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh skor 21,58 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 22,30 dengan kategori baik. (3) Keterampilan berbicara siswa pada siklus I memperoleh skor 9,58 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 41,67%, meningkat pada siklus II menjadi 12,17 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 61,1%, dan meningkat pada siklus III menjadi 13,68 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 80,55%. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dipaparkan maka diperoleh simpulan bahwa melalui penerapan model Direct Instruction berbantukan media Flash Player, keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan berbicara krama lugu siswa meningkat. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi dan senantiasa meningkatkan inovasi-inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model Direct Instruction berbantukan media Flash Player agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran atau bidang lainnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Direct Instructions, Media Flash Player.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:06
Last Modified: 07 May 2014 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19331

Actions (login required)

View Item View Item