2012.Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Pendekatan Permainan Sepakbola 6 Bidang Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Bojong. Tahun Pelajaran 2011/2012.


Farhan Hidayat, 6101408166 (2012) 2012.Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Pendekatan Permainan Sepakbola 6 Bidang Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Bojong. Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2012.Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Pendekatan Permainan Sepakbola 6 Bidang Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Bojong. Tahun Pelajaran 2011/2012.]
Preview
PDF (2012.Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Pendekatan Permainan Sepakbola 6 Bidang Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Bojong. Tahun Pelajaran 2011/2012.)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dari observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 1 Bojong. Sarana prasarana pendidikan jasmani masih kurang dan banyak dari siswa putri tidak menyukai materi sepakbola pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Hal ini menunjukkan bahwa ada suatu masalah dalam pembelajaran yang berpengaruh pada hasil pembelajaran siswa dalam sepakbola. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk model pembelajaran sepakbola 6 bidang dalam proses pembelajaran, sehingga dapat mengembangkan semua aspek pembelajaran (kognitif, psikomotor,afektif) pada pembelajaran sepakbola bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bojong?. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran sepakbola 6 bidang dalam proses pembelajaran, sehingga dapat mengembangkan semua aspek pembelajaran (kognitif, psikomotor,afektif) pada pembelajaran sepakbola bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bojong. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu (1) melakukan penelitian pendahuluan, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, (4) revisi produk pertama, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir modifikasi model “koin bertahap” yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (72 siswa), dan uji lapangan (70 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. .Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil analisis data dan evaluasi ahli penjas didapat rata-rata 65% dari uji skala kecil dan 86,67% dari uji lapangan, (2) Hasil analisis data pada semua aspek pembelajaran ( kognitif, psikomotorik, afektif ) diperoleh rata-rata sebesar 79% pada uji skala kecil dan 87% pada uji lapangan. Kesimpulan dari penelitan ini adalah bahwa model pembelajaran sepakbola 6 bidang dapat diterapkan dalam pembelajaran sepakbola di SMA Negeri 1 Bojong untuk mengembangkan semua aspek pembelajaran ( kognitif, afektif, psikomotor). Saran dari hasil penelitian ini adalah (1) Model permainan sepakbola 6 bidang ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian materi sepakbola, (2) Bagi guru Penjas diharapkan dapat mengembangkan model permainan lainnya yang menarik untuk pembelajaran sepakbola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, permainan, dan sepakbola
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 08 May 2014 00:06
Last Modified: 08 May 2014 00:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19330

Actions (login required)

View Item View Item