PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN JASMANI SDLB TUNA GRAHITA DANYANG PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN 2012/2013


Kristian Ade Sugiono Putra, 6101408136 (2013) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN JASMANI SDLB TUNA GRAHITA DANYANG PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN JASMANI SDLB TUNA GRAHITA DANYANG PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN 2012/2013]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN JASMANI SDLB TUNA GRAHITA DANYANG PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah ‘Bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan jasmani yang dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani di SDLB bagian C di Sekolah luar biasa YPLB / C danyang purwodadi tahun 2012’?Lokasi penelitian ini adalah di SDLB Tuna Grahita yang berada di kelurahan danyang purwodadi, Kabupaten Grobogan. Pendekatan penelitian ini menggunakan data kualitatif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian, proses pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB siswa Tuna Grahita SLB YPLB / C Danyang Purwodadi Kabupaten Grobogan dikemas dalam bentuk yang sesuai dengan kekhususan peserta didik (tuna grahita) dan semua intruksi disampaikan dengan bahasa isyarat bagi tuna grahita. Penerapan pembelajaran pendidikan jasmani sesuai dengan standar kompetensi dan kempetensi dasar bagi siswa tuna grahita. Proses evaluasi akhir tahap penilaian, guru menggunakan tehnik tes yaitu melaksanakan hasil belajar dengan mengukur skill atau kemampuan siswa, sebab melihat kecacatan siswa tuna grahita yang mempunyai fisik yang baik sama dengan anak normal, maka pengukuran tetap dilaksanakan, dan juga evaluasi dilakukan dengan tehnik non tes dengan pengamatan semata selama proses pembelajaran pendidikan jasmani yang dilihat dari segi kognitif dan afektif. Kesimpulan proses pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pendidikan jasmani siswa SDLB Tuna Grahita YPLB/C Purwodadi adalah untuk pelaksanaannya masih kurang baik. Srana dan prasarana yang menunjang pendidikan jasmani masih kurang memadai dalam proses pembelajaran, dan juga guru masih kurang dalam penyampaian materi. sedangkan untuk untuk siswa sangat berantusias dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Ini dapat dilihat dari kesenangan dan raut wajah bahagia dari siswa tuna grahita. Saran yang saya berikan, sebaiknya guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan sekolah membuat pedoman evaluasi penilaian pendidikan jasmani untuk siswa yang berkebutuhan khusus siswa Tuna Grahita, agar proses pelaksaan pembelajaran dan evaluasi pendidikan jasmani dapat terarah dan tercapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Anak Luar Biasa
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:06
Last Modified: 07 May 2014 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19327

Actions (login required)

View Item View Item