PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN PERMAINAN SUSUN KATA PADA SISWA KELAS IV SDN NGIJO 01 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Vivi Fitriana, 1401409067 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN PERMAINAN SUSUN KATA PADA SISWA KELAS IV SDN NGIJO 01 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN PERMAINAN SUSUN KATA PADA SISWA KELAS IV SDN NGIJO 01 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN PERMAINAN SUSUN KATA PADA SISWA KELAS IV SDN NGIJO 01 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)
Download (5MB) | Preview

Abstract

dipengaruhi oleh interaksi antara berbagai informasi yang diperoleh anak dan bagaimana anak mengolah informasi tersebut berdasarkan pemahaman yang telah dimiliki sebelumnya. Hasil observasi awal di kelas IV SDN Ngijo 01 menunjukkan adanya permasalahan yang menyebabkan rendahnya kualitas pembelajaran IPA. Pembelajaran masih berpusat pada guru, guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Siswa menjadi kurang aktif dan kurang bersemangat dalam pembelajaran IPA sehingga sebagian besar siswa hasil belajarnya belum mencapai KKM yaitu 64 dan ketuntasan hasil belajar klasikal 32%. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Picture and Picture dengan Permainan Susun Kata. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) apakah model picture and picture dengan permainan susun kata dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ngijo 01 Kota Semarang?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA melalui model Picture and Picture dengan Permainan Susun Kata di Kelas IV SDN Ngijo 01 Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian terdiri atas 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan 28 siswa kelas IV SDN Ngijo 01 Gunungpati Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I pertemuan I memperoleh skor 21 dengan kriteria baik, pertemuan II memperoleh skor 23 dengan kriteria baik. Pada siklus II pertemuan I memperoleh skor 25 dengan kriteria sangat baik dan pada pertemuan II memperoleh skor 26 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan II skor rata-rata 21,8 kriteria baik dan pada pertemuan II diperoleh skor 23,4 kriteria baik. Pada siklus II pertemuan I diperoleh skor 24,7 kriteria baik dan pada pertemuan II diperoleh skor 25,2 kriteria baik. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I ketuntasan belajar klasikal 58%, pertemuan II ketuntasan belajar klasikal 68%, dan rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siklus I 63%. Untuk hasil belajar siklus II pertemuan I ketuntasan belajar klasikal 71% , pertemuan II 89%, dan rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siklus II 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Picture and Picture dengan Permainan Susun Kata dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ngijo 01. Saran dari penulis adalah guru hendaknya lebih memotivasi siswa dalam pembelajaran dan melakukan pembagian kelompok secara keterogen agar siswa tertarik mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Picture and Picture, Permainan Susun Kata
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:07
Last Modified: 07 May 2014 17:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19326

Actions (login required)

View Item View Item