MODEL PEMBELAJARAN LOMPAT TALI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SIDAKAYA 06 KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Arin Triyasari, 6101408133 (2013) MODEL PEMBELAJARAN LOMPAT TALI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SIDAKAYA 06 KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN LOMPAT TALI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SIDAKAYA 06 KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (4Mb)

    Abstract

    Pendidikan jasmani di sekolah khususnya dalam pembelajaran lompat tinggi gaya staddle belum menerapkan variasi-variasi dalam mengajar atau monoton, sehingga siswa jenuh, tidak semangat dan banyak siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang sudah ditentukan sekolah yaitu 75. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah model pembelajaran lompat tali untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas V SD Negeri Sidakaya 06 Cilacap? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran lompat tali untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas V SD Negeri Sidakaya 06 Cilacap Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang digunakan menggunakan data siswa kelas V SD Negeri Sidakaya 06 Cilacap berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Dari hasil peneliti pada siklus I diperoleh data tentang ketuntasan belajar siswa sebanyak 15 siswa atau 51,72% dan siswa yang mendapat kategori belum tuntas sebanyak 14 siswa atau (38,28%). Sedangkan siklus II diperoleh hasil ketuntasan belajar siswa sebanyak 26 siswa atau 89,65% dan siswa yang mendapat kategori belum tuntas sebanyak 3 siswa atau (10,35%). Dari penelitian siklus I ke siklus II secara klasikal telah terjadi peningkatan yaitu 11 siswa (37,93%), sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran lompat tali untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas V SD Negeri Sidakaya 06 Cilacap berhasil sebanyak 89,65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran lompat tinggi gaya straddle melalui permaianan lompat tali dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga peneliti menyampaikan, saran yaitu: 1) Bagi Kepala Sekolah diharapkan meningkatkan kualitas pengajar dan kualitas pembelajaran terhadap peningkatan kualitas siswa dan guru, 2) Bagi guru diharapkan lebih inovatif dalam menerapkan metode untuk menyampaikan pembelajaran, 3)Bagi siswa tingkatkan semnagat belajar dalalm kondisi apapun, karena belajar dengan media permainan itu dapat meningkatkan kecerdasaan dan kesehatan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Lompat Tinggi Gaya Straddle, Permaianan Lompat Tali.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: suparma perpus unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 13:08
    Last Modified: 07 May 2014 13:08

    Actions (login required)

    View Item