Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tema Sumber Energi Melalui Model Talking stick dengan Media Flashcard pada Siswa Kelas II SDN Karanganyar 02 Semarang


Tomi Indrayana, 1401409059 (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tema Sumber Energi Melalui Model Talking stick dengan Media Flashcard pada Siswa Kelas II SDN Karanganyar 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tema Sumber Energi Melalui Model Talking stick dengan Media Flashcard pada Siswa Kelas II SDN Karanganyar 02 Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tema Sumber Energi Melalui Model Talking stick dengan Media Flashcard pada Siswa Kelas II SDN Karanganyar 02 Semarang)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tema Sumber Energi merupakan tema yang ada pada pembelajaran di kelas II SD. Tema tersebut mencakup beberapa mata pelajaran yang saling berkaitan. Pada refleksi awal pelaksanaan pembelajaran di kelas II menunjukkan beberapa permasalahan yang mempengaruhi kualitas pembelajaran yang rendah, diantaranya faktor guru, siswa, dan fasilitas belajar. Solusi permasalahan ini adalah dilaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan model talking stick dengan media flashcard. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model talking stick dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas II SDN Karanganyar 02 Semarang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema Sumber Energi kelas II SDN Karanganyar 02 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas II SDN Karanganyar 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dan nontes. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I keterampilan guru mendapatkan skor 20, rata-rata skor 2,5 yang termasuk dalam kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 26,5, rata-rata skor 3,3 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa. pada siklus I aktivitas siswa mendapat skor 16,48, rata-rata skor 2,06 yang termasuk dalam kategori baik, pada siklus II aktivitas siswa mendapat skor 19,88, rata-rata skor 2,49 yang termasuk dalam kategori baik. Prosentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 59,75% dan pada siklus II menjadi 81,7% dengan kategori Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas II SDN Karanganyar 02 Semarang. Saran yang diusulkan peneliti adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran talking stick dengan media flashcard sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kleas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Talking stick
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:08
Last Modified: 07 May 2014 17:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19319

Actions (login required)

View Item View Item