PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN SISWA KELAS VB SDN WONOSARI 02 SEMARANG


Wahyu Priyandono, 1401409053 (2013) PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN SISWA KELAS VB SDN WONOSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN SISWA KELAS VB SDN WONOSARI 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN SISWA KELAS VB SDN WONOSARI 02 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan pada pembelajaran menulis laporan kelas VB SDN Wonosari 02 Semarang menunjukkan hasil belajar menulis laporan siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 66. Dari keseluruhan siswa yang berjumlah 29 anak, 68,97% atau 20 dari 29 siswa tidak tuntas belajar, sedangkan 31,03% atau 9 dari 29 siswa telah tuntas belajar, sehingga untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan siswa kelas VB SDN Wonosari 02 Semarang akan diterapkan strategi TTW pada pembelajaran menulis laporan. Rumusan masalah penelitian ini meliputi pelaksanaan pembelajaran, peningkatan aktivitas dan keterampilan menulis laporan siswa dalam pembelajaran menulis laporan menggunakan strategi TTW. Berdasarkan rumusan tersebut, tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, peningkatan aktivitas, dan keterampilan menulis laporan siswa dalam pembelajaran menulis laporan menggunakan strategi TTW. Rancangan penelitian terdiri 2 siklus dengan tiap siklus terdiri 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas VB SDN Wonosari 02 Semarang. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh skor 20 dengan kategori baik, dan pada siklus II memperoleh skor 25,5 dengan kategori baik; (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh ratarata skor 19,11 dengan kategori cukup, dan pada siklus II memperoleh skor 25,15 dengan kategori baik; (3) persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 55,17% dengan skor rata-rata kelas 67,58, dan meningkat menjadi 86,21% dengan skor rata-rata kelas 79,66 pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi TTW pada pembelajaran menulis laporan dilaksanakan guru dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan keterampilan menulis laporan siswa kelas VB SDN Wonosari 02 Semarang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Laporan, Penerapan Strategi TTW, Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:10
Last Modified: 07 May 2014 17:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19316

Actions (login required)

View Item View Item