PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENERAPAN STRATEGI THINK-PAIR-SHARE BERBANTUKAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS II SDN TUGUREJO 03 KOTA SEMARANG
HABIB FIRDAUS TRI PUTRA, PUTRA 1401409048 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENERAPAN STRATEGI THINK-PAIR-SHARE BERBANTUKAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS II SDN TUGUREJO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENERAPAN STRATEGI THINK-PAIR-SHARE BERBANTUKAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS II SDN TUGUREJO 03 KOTA SEMARANG)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data awal yang diperoleh melalui pengamatan di kelas II SDN Tugurejo 03 Kota Semarang, masih banyak siswa yang belum terampil menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Dibuktikan dengan masih banyak hasil belajar siswa yang berada di bawah KKM yaitu 65. Hal ini dikerenakan guru belum melibatkan siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran, dan guru belum maksimal dalam menggunakan media dan alat peraga. Akibatnya, hasil belajar siswa pada aspek keterampilan menulis rendah. Untuk itu, diperlukan adanya peningkatan keterampilan menulis melalui penerapan strategi Think-Pair-Share berbantukan media foto pada siswa kelas II SDN Tugurejo 03 Kota Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah melalui penerapan strategi Think-Pair-Share berbantukan media foto dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada aspek keterampilan menulis dalam pembelajaran menulis deskripsi?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada aspek keterampilan menulis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus dua pertemuan, dengan tahapan yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SDN Tugurejo 03 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus pertama, rata-rata ketuntasan belajar siswa mencapai 68,16% dan meningkat pada siklus kedua menjadi 83,55%. Selain itu, keterampilan guru dan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus pertama, rata-rata keterampilan guru mencapai 67% dan mengalami peningkatan pada siklus kedua menjadi 81%. Pada siklus pertama, rata-rata aktivitas siswa mencapai 67% dan meningkat pada siklus kedua dengan rata-rata 79%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan strategi Think- Pair-Share berbantukan media foto dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar aspek keterampilan menulis pada siswa kelas II SDN Tugurejo 03 Kota Semarang. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya guru lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis deskripsi, strategi think-pair-share, berbantukan media foto. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 17:10 |
Last Modified: | 07 May 2014 17:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19315 |
Actions (login required)
View Item |