MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN BOLA VOLI KIDS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SD NEGERI 07 JEBED KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2012


Sarwo Adhi Laksono, 6101408108 (2013) MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN BOLA VOLI KIDS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SD NEGERI 07 JEBED KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN BOLA VOLI KIDS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SD NEGERI 07 JEBED KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2012]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN BOLA VOLI KIDS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SD NEGERI 07 JEBED KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2012)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Bola voli merupakan salah satu alternatif pembelajaran permainan bola besar di sekolah, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah bentuk pengembangan model pembelajaran penjasorkes melalui permainan bola voli kids pada anak berkebutuhan khusus Sekolah Dasar Negeri 07 Jebed Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang?”. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran bola voli melalui permainan bola voli kids pada anak berkebutuhan khusus Sekolah Dasar Negeri 07 Jebed dalam pembelajaran penjasorkes sehingga dapat mengembangkan berbagai aspek pembelajaran dan meningkatkan aktivitas jasmani siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 85,33% dengan kriteria sangat baik. Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba kelompok kecil. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 81,25% dengan kategori sangat baik. Dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 85,75% dengan kategori sangat baik. Siswa sudah tidak merasa kesulitan dan takut lagi ketika bermain bola voli kids. Selain itu, setelah melakukan permainan bola volo kids denyut nadi siswa meningkat lebih dari 70% dari denyut nadi maksimal. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa permainan bola voli kids efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan model permainan bola voli kids ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bola Voli, Model Permainan Bola Voli Kids, Pengembangan.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:08
Last Modified: 07 May 2014 17:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19312

Actions (login required)

View Item View Item