PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GOSABEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DRIBBLE BOLABASKET PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI AJIBARANG KULON KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2013


Indra Putra Prihastyadi, 6101408100 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GOSABEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DRIBBLE BOLABASKET PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI AJIBARANG KULON KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GOSABEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DRIBBLE BOLABASKET PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI AJIBARANG KULON KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2013]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GOSABEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DRIBBLE BOLABASKET PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI AJIBARANG KULON KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk model pembelajaran Gosabel untuk meningkatkan keterampilan dribble (Bolabasket) pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ajibarang Kulon di Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan model pembelajaran Gosabel untuk meningkatkan keterampilan dribble Bolabasket yang dapat digunakan sebagai alat bantu guru dalam proses pembelajaran penjasorkes pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang merupakan dasar untuk mengembangkan model yang akan dihasilkan, adapun prosedur/langkah-langkahnya sebagai berikut, 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba kelompok kecil dan revisi produk, dan 5) uji coba kelompok besar dan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran Gosabel untuk meningkatkan keterampilan dribble pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri I Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas ternyata memenuhi kriteria baik, ini berdasarkan analisis data evaluasi ahli Penjasorkes dan ahli pembelajaran pada uji coba skala kecil, didapat rata-rata persentase 85%. Hasil analisis data uji coba skala kecil didapat rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 85%, hasil analisis data uji coba skala besar rata-rata persentase sebesar 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Gosabel untuk meningkatkan keterampilan dribble Bolabasket pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri I Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas dapat digunakan dan baik. Harapan peneliti kepada guru penjas untuk dapat memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada dilingkungan sekitar dan dapat mengembangkan model-model pembelajaran yang menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Model Pembelajaran, Gosabel, Dribble, Penjasorkes.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:09
Last Modified: 07 May 2014 17:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19308

Actions (login required)

View Item View Item