MENGATASI KURANG PERCAYA DIRI DALAM MENGHADAPI ULANGAN MELALUI KONSELING REALITA PADA SISWA KELAS V DI SD N REJOSARI 01 TERSONO


Mayang Pramasari Nastiti, 1301408024 (2013) MENGATASI KURANG PERCAYA DIRI DALAM MENGHADAPI ULANGAN MELALUI KONSELING REALITA PADA SISWA KELAS V DI SD N REJOSARI 01 TERSONO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENGATASI KURANG PERCAYA DIRI DALAM MENGHADAPI ULANGAN MELALUI KONSELING REALITA PADA SISWA KELAS V DI SD N REJOSARI 01 TERSONO]
Preview
PDF (MENGATASI KURANG PERCAYA DIRI DALAM MENGHADAPI ULANGAN MELALUI KONSELING REALITA PADA SISWA KELAS V DI SD N REJOSARI 01 TERSONO)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SD N Rejosari 01 Tersono yang menunjukkan bahwa adanya siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah saat menghadapi ulangan. Melalui pemberian konseling realita diharapkan rendahnya kepercayaan diri menghadapi ulangan dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam meningkatkan rendahnya kepercayaan diri menghadapi ulangan melalui konseling realita Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah 6 orang siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah saat menghadapi ulangan.Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling atau pengambilan sampel berdasarkan tujuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologi dengan alatnya skala kepercayaan diri saat menghadapi ulangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon. Hasil uji wilcoxon diperoleh Zhitung = 2, 201 dan Ztabel = 1,96 sehinggaZhitung >Ztabel. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan tingkat kepercayaan diri siswa saat menghadapi ulangan pada siswa kelas V SD N R ejosari 01meningkat setelah memperoleh konseling realita. Dari hasil penelitian menunjukkan kepercayaan diri siswa saat menghadapi ulangansebelum memperoleh konseling realita47.44% tergolong dalam kategori rendah dan setelah memperoleh konseling realita76.28%,masuk dalam kategori tinggi. Perbedaan tingkat penyesuaian diri klien sebelum dan sesudah konseling realita sebesar 28.84%.Selain itu, siswa mengalami perkembangan perilaku yang lebih baik dilihat dari meningkatnya indikator cinta diri, pemahaman diri, tujuan yang jelas, berfikir positif, komunikasi, ketegasan, penampilan diri, pengendalian perasaan. Simpulan dari penelitian ini adalah rendahnya kepercayaan diri siswa saat menghadapi ulangan pada siswa kelas V SD N Rejosari 01 meningkat setelah mendapatkankonseling realita. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah agar pihak sekolah memberikan jam bimbingan konseling kepada guru pembimbing agar dapat memberikan konseling realita

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, konseling realita
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:12
Last Modified: 07 May 2014 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19307

Actions (login required)

View Item View Item